Strategi Bersaing Pemimpin Pasar (Studi Kasus pada Perusahaan AJB Bumiputera 1912 Kantor Operasional Bantul-Wates Yogyakarta)
Abstract
Perusahaan AJB Bumiputera 1912 merupakan perusahaan asuransi pertama
dan tertua di Indonesia. Sehingga telah menguasai pangsa pasar yang cukup luas dan
telah memiliki brand image yang melekat di benak konsumen.
Penelitian diarahkan pada strategi bersaing yang diterapkan perusahaan
selama ini sebagai pemimpin pasar, yang bertujuan untuk mengetahui kekuatan,
kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi perusahaan. Adapun manfaatnya
adalah sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan dalam menetapkan strategi bersaing
untuk masa yang akan datang. Oleh karena itu pihak perusahaan AJB Bumiputera
1912 perlu memperhatikan perubahan yang terjadi di lingkungan bisnisnya yang
merupakan faktor internal maupun faktor eksternal. Dari faktor internal akan
diketahui kekuatan dan kelemahan sedangkan dari faktor eksternal akan diketahui
peluang dan ancaman yang kesemuanya akan sangat membantu dalam menentukan
strategi bersaing sebagai pemimpin pasar yang tepat.
Dalam metode pengumpulan data, digunakan metode observasi, kuesioner
dan daftar pustaka. Alat analisis yang digunakan untuk mengolah data yang
diperoleh adalah analisis MDTI dan SWOT, yang digunakan untuk mengetahui
posisi perusahaan dan kemudian menentukan strategi bersaing sebagai pemimpin
pasar.
Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi bisnis
perusahaan berada pada posisi tinggi, ini berarti perusahaan AJB Bumiputera 1912
memiliki peluang bisnis yang sangat prospektif dan perlu mempertahankan posisi
yang telah dimilikinya.
Collections
- Management [4527]