Analisis Motivasi Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Berdasarkan Karakteristik Konsumen (Studi Kasus di Toko A. Takrib Pingit Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Toko Elektronik A. Takrib. Pingit, Yogyakarta
dengan mengangkat permasalahan mengenai pemilihan variabel yang mana yang
paling dominan memotivasi konsumen dalam membeli Elektronik di Toko Elektronik
A. Takrib Pingit, Yogyakarta, dan apakah ada perbedaan dalam pemilihan variabel
yang memotivasi konsumen dalam membeli elektronik di toko A. Takrib Pingit,
Yogyakarta. Adapun judul penelitian adalah "ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ELEKTRONIK BERDASARKAN
KARAKTERISTIK KONSUMEN (STUDI KASUS DITOKO A. TAKRIB PINGIT,
YOGYAKARTA)".
Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan variabel mana yang paling
dominan memotivasi konsumen dalam membeli elektronik ditoko A. Takrib Pingit,
Yogyakarta menurut karakteristiknya, dan untuk menetapkan ada atau tidaknya
perbedaan dalam pemilihan variabel yang memotivasi konsumen dalam membeli di
toko A. Takrib Pingit, Yogyakarta menurut karakteristiknya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner dan sampel yang diambil
adalah 106 responden. Data diperoleh dari hasil jawaban kuesioner dan juga
informasi dari bank Mandiri. Metode analisis yang digunakan adalah Chi square (X²).
Chi square ini berusaha untuk menunjukkan ada tidaknya perbedaan dalam pemilihan
variabel yang memotivasi konsumen dalam membeli elektronik di Toko A. Takrib
Pingit, Yogyakarta menurut karakteristiknya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi konsumen terhadap kebutuhan
fisiologis dalam berbelanja di A. Takrib Pingit, Yogyakarta berdasarkan tingkat
pendidikan terakhir berbeda secara signifikan, sedangkan berdasarkan jenis kelamin,
pendapatan dan umur tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.
Sedangkan motivasi konsumen terhadap kebutuhan keamanan berbelanja di A.
Takrib Pingit, Yogyakarta tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan
berdasarkan jenis kelamin, umur, pendapatan dan tingkat pendidikan. Sementara pada
motivasi akan kebutuhan sosisal menunjukkan perbedaan yang signifikan
berdasarkan jenis kelamin, pendapatan dan pendidikan sedangkan yang berdasarkan
umur tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sedangkan kebutuhan terhadap
aktualisasi diri menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan berdasarkan jenis
kelamin, pendapatan dan pendidikan, sedangkan berdasarkan umur tidak
menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.
Dari seluruh hasil uji chi square dapat diketahui bahwa nilai chi sqare
tertinggi terjadi pada motivasi terhadap kebutuhan aktualisasi diri dalam berbelanja
barang di Toko Elektronik A. Takrib Pingit, Yogyakarta.
Collections
- Management [4527]