Show simple item record

dc.contributor.authorAri Wibowo, 02311055
dc.date.accessioned2020-07-29T08:20:34Z
dc.date.available2020-07-29T08:20:34Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/23071
dc.description.abstractFakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang memberikan layanan jasa pendidikan formal, tidak luput dari persaingan dalam mendapatkan mahasiswa. Dampak persaingan tersebut juga dirasakan FE UII. Untuk itu agar dapat menghadapi persaingan, sudah seharusnya memperhatikan keinginan mahasiswa serta meningkatkan kualitas layanan. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan jumlah mahasiswa yaitu dengan menganalisis dimensi kualitas layanan dari Zeithaml yang meliputi assurance, tangibles, empathy, reliability dan responsiveness.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaaan persepsi mahasiswa terhadap faktor dimensi kualitas jasa pendidikan di FE UII Yogyakarta berdasarkan kelompok semester awal dan kelompok semester akhir. Dari populasi yang ada akan diambil sejumlah sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dari mahasiswa FE UII yang menjadi pengguna jasa pendidikan dari FE UII dan terbagi menjadi dua sub sampel yaitu 50 orang mahasiswa semester awal (semester II) dan 50 orang mahasiswa semester akhir (semester VIII). Pengelompokkan sample menjadi dua sub sample dimaksudkan agar dapat diperbandingkan antara persepsi kelompok mahasiswa semester awal (semester II) dan persepsi mahasiswa semester akhir (semester VIII) pada harapan terhadap pelayanan dan pelayanan yang telah diberikan pihak kampus F.E. UII. Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan menggunakan metode convenience sampling. Pada metode non probability sampling tidak semua unsur dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi sampel penelitian. Convenience sampling adalah mengumpulkan informasi dari anggota populasi yang mudah didapatkan. Penelitian ini menggunakan convenience sampling karena pertimbangan kemudahan untuk memperoleh data serta tidak memakan banyak waktu dan biaya dalam penelitian ini sampel mahasiswa dibagi menjadi 50 orang mahasiswa semester awal (semester II) dan 50 orang mahasiswa semester akhir (semester VIII). Hasil Penelitian mengenai perbandingan persepsi pada pelayanan yang diterima antara kelompok mahasiswa semester awal dan kelompok mahasiswa semester akhir Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta menunjukkan bahwa tidak adaperbedaan varian dan tidak ada perbedaan persepsi pada kualitas pelayanan yang signifikan dari kedua kelompok mahasiswa tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia tidak membedakan pelayanan terhadap kelompok mahasiswa semester awal dan kelompok mahasiswa semester akhir, terbukti dengan tidak adanya perbedaan persepsi kelompok mahasiswa semester awal dan semester akhir pada pelayanan yang diberikan oleh pihak kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Artinya, persepsi pada pelayanan yang diterima antara kelompok mahasiswasemester awal dan kelompok mahasiswa semester akhir tidak berbeda.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Perbedaan Persepsien_US
dc.subjectDimensi Kualitas Jasaen_US
dc.subjectBerdasarkan Status Akademik Mahasiswaen_US
dc.subjectFakultas Ekonomien_US
dc.subjectUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleAnalisis Perbedaan Persepsi terhadap Dimensi Kualitas Jasa Berdasarkan Status Akademik Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record