Analisis Perbedaan Persepsi terhadap Dimensi Kualitas Jasa Berdasarkan Status Akademik Mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
Abstract
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, sebagai
salah satu Perguruan Tinggi yang memberikan layanan jasa pendidikan
formal, tidak luput dari persaingan dalam mendapatkan mahasiswa. Dampak
persaingan tersebut juga dirasakan FE UII. Untuk itu agar dapat menghadapi
persaingan, sudah seharusnya memperhatikan keinginan mahasiswa serta
meningkatkan kualitas layanan. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan
jumlah mahasiswa yaitu dengan menganalisis dimensi kualitas layanan dari
Zeithaml yang meliputi assurance, tangibles, empathy, reliability dan
responsiveness.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) perbedaaan
persepsi mahasiswa terhadap faktor dimensi kualitas jasa pendidikan di FE
UII Yogyakarta berdasarkan kelompok semester awal dan kelompok semester
akhir.
Dari populasi yang ada akan diambil sejumlah sampel yang akan
digunakan dalam penelitian ini. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang dari
mahasiswa FE UII yang menjadi pengguna jasa pendidikan dari FE UII dan
terbagi menjadi dua sub sampel yaitu 50 orang mahasiswa semester awal
(semester II) dan 50 orang mahasiswa semester akhir (semester VIII).
Pengelompokkan sample menjadi dua sub sample dimaksudkan agar dapat
diperbandingkan antara persepsi kelompok mahasiswa semester awal (semester II)
dan persepsi mahasiswa semester akhir (semester VIII) pada harapan terhadap
pelayanan dan pelayanan yang telah diberikan pihak kampus F.E. UII.
Teknik sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan
menggunakan metode convenience sampling. Pada metode non probability
sampling tidak semua unsur dalam populasi mempunyai kesempatan yang sama
untuk menjadi sampel penelitian. Convenience sampling adalah mengumpulkan
informasi dari anggota populasi yang mudah didapatkan. Penelitian ini
menggunakan convenience sampling karena pertimbangan kemudahan untuk
memperoleh data serta tidak memakan banyak waktu dan biaya dalam penelitian
ini sampel mahasiswa dibagi menjadi 50 orang mahasiswa semester awal
(semester II) dan 50 orang mahasiswa semester akhir (semester VIII).
Hasil Penelitian mengenai perbandingan persepsi pada pelayanan yang
diterima antara kelompok mahasiswa semester awal dan kelompok mahasiswa
semester akhir Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta
menunjukkan bahwa tidak adaperbedaan varian dan tidak ada perbedaan persepsi
pada kualitas pelayanan yang signifikan dari kedua kelompok mahasiswa tersebut.
Hal ini menunjukkan bahwa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia tidak
membedakan pelayanan terhadap kelompok mahasiswa semester awal dan
kelompok mahasiswa semester akhir, terbukti dengan tidak adanya perbedaan
persepsi kelompok mahasiswa semester awal dan semester akhir pada pelayanan
yang diberikan oleh pihak kampus Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Yogyakarta. Artinya, persepsi pada pelayanan yang diterima antara kelompok
mahasiswasemester awal dan kelompok mahasiswa semester akhir tidak berbeda.
Collections
- Management [4527]