Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Peserta di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Cabang Yogyakarta
Abstract
Skripsi yang mengangkat judul "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Fasilitas Terhadap Kepuasan Peserta di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha
Operation Cabang Yogyakarta" secara garis besar membahas mengenai pengaruh
kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan LBB Ganesha Operation terhadap
kepuasan yang dirasakan peserta selama menjalani bimbingan belajar, dipandang
dari sudut pemberi pelayanan seperti tentor, bagian administrasi maupun dari
kelengkapan fasilitas yang tersedia. Selain itu akan ditelhi faktor yang paling
dominan antara kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan peserta.
Penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) yang
didasarkan pada anggapan bahwa masing-masing orang mempunyai kemungkinan
yang sama. Sampel yang digunakan sebanyak 95 responden. Teknik pengumpulan
data adalah dengan survei lapangan langsung dan didukung data sekunder.
Definisi operasional variabel dari penelitian ini adalah kepuasan peserta
LBB Ganesha Operation (Y) sebagai variabel terikat (dependent variabel), atribut
kualitas pelayanan (X₁) dan atribut kualitas fasilitas (X₂) sebagai variabel bebas
(independent variabel).
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan Analisis Regresi
Berganda untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan peserta. Pengujian signifikansi mengunakan uji F dan
uji t, dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan
reliabilitas alat ukur digunakan kuesioner maka ramus Product Moment dan
Cronbach Alpha menjadi pilihan. Dan untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar
pengujian hipotesis. Untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat bantu,
yaitu SPSS for Windows Release 10.0.
Collections
- Management [4548]