Metode Network sebagai Alat Evaluasi Dalam Proyek Pembuatan Iklan pada Perusahaan AO Advertising, Yogyakarta
Abstract
Periklanan adalah semua bentuk penyajian dan promosi non-personal
tentang gagasan, barang atau jasa yang dibayar oleh satu sponsor atau pihak
tertentu. Sukskes pengelolaan suatu perusahaan besar dalam iklim ekonomi saat
ini, meletakan periklanan sebagai pemegang tanggung jawab terberat. Bahwa
dengan periklanan yang baik, sebuah perusahaan akan mampu beradaptasi lebih
jauh ke depan. Salah satu media yang digunakan oleh pengiklan adalah spanduk.
Proses pengerjaan iklan spanduk itu dikategorikan sebagai sebuah proyek. Alat
bantu diperlukan agar proyek dapat efektif dan efisien sesuai dengan yang
diharapkan. Alat bantu tersebut adalah metode jaringan kerja atau metode network.
Metode ini disusun untuk membantu suatu proyek yang terdiri atas kegiatan yang
komplek, saling bergantung dan berhubungan satu sama lain. Salah satu teknik
yang terdapat di dalam metode network adalah CPM (Critical Path Method).
Dengan menggunkan metode jalur kritis, kita dapat mengorganisir data dan
informasi secara sistematis, serta menentukan pekerjaan-pekerjaan yang harus
diselesaikan tepat pada waktunya, sehingga dapat dicapai tingkat efisiensi
produksi yang optimal. Obyek yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
Proses pembuatan spanduk pada Perusahaan AO Advertising, Yogyakarta.
Dengan melakukan penelitian pada perusahaan AO Advertising, penulis ingin
mengetahui apakah waktu yang digunakan oleh perusahaan tersebut sudah
memenuhi tingkat efisiensi produksi yang optimal, sesuai dengan metode network.
Dari hasil penelitian pada perusahaan AO Advertising, ditemukan bahwa
perusahaan tersebut belum memenuhi tingkat efisiensi produksi yang optimal.
Waktu senyatanya yang digunakan oleh perusahaan AO Advertising, lebih besar
daripada waktu seharusnya yang sesuai dengan metode network. Perusahaan perlu
menerapkan sistem pengawasan produksi dengan lebih baik lagi, agar dapat
dicapai tingkat efisiensi produksi yang optimal, sehingga bisa meningkatkan citra
perusahaan di mata masyarakat.
Kata Kunci : penghematan waktu, tingkat efisiensi produksi yang optimal
dan citra perusahaan.
Collections
- Management [4527]