Pengaruh Selebritis Iklan Sabun Lux terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus di Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk, yang pertama mengetahui pengaruh
keahlian selebritis, kepercayaan selebritis, daya tarik selebritis dan kepercayaan
pada iklan terhadap minat beli produk sabun Lux. Yang kedua untuk mengetahui
variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap minat beli produk sabun Lux
Populasi penelitian ini adalah pemirsa Televisi yang telah menyaksikan
iklan sabun Lux yang dibintangi oleh Tamara Blezeinsky. Teknik pengumpulan
sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Non-Probability
Sampling dengan model Purposive Sampling. Data diperoleh dengan metode
interview dan metode angket. Validitas butir instrumen dihitung dengan metode
Korelasi Pearson Product Moment. Reliabilitas dihitung dengan menggunakan
Metode Alpha Cronbach. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Regresi Linier Berganda, Uji F dan Uji t. Alat analisis yang pertama digunakan
untuk menghubungkan beberapa variabel independen X terhadap suatu variabel Y
dengan model linier. Uji F untuk menguji apakah variabel-variabel independen
secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen. Sedangkan Uji t adalah
untuk mengetahui derajat signirlkasi pengaruh dari masing-masing variabel
independen terhadap variabel dependen.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda maka dapat diketahui
adanya pengaruh secara simultan antara semua variabel bebas. Dari uji signifikansi
pengaruh, baik yang dilakukan secara parsial (t test) maupun yang dilakukan
secara simultan (F test) dapat diketahui bahwa keempat variabel yang terdiridari :
keahlian selebritis, kepercayaan selebritis, daya terik selebritis dan kepercayaan
pada iklan secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang
positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen sabun Lux. Hal ini
menunjukkan bahwa hipotesis pertama yang diajukan peneliti terbukti.
Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu, keahlian
selebritis (expertise), kepercayaan selebritis (trustworthiness), daya tarik selebritis
(attractiveness) serta kepercayaan terhadap iklan. Sedangkan variabel tergantung
adalah Minat Beli konsumen produk sabun Lux yang diiklankan oleh selebritis.
Dari keempat variabel bebas yang tersebut diatas, variabel kepercayaan terhadap
selebritis mempunyai pengaruh paling dominan terhadap minat beli konsumen
karena mempunyai nilai koefisien beta terbesar dibandingkan dengan variabel
bebas lainnya. Artinya variasi perubahan nilai yang terjadi pada variabel
dependen secara relatif lebih disebabkan oleh variasi perubahan nilai yang terjadi
variabel kepercayaan terhadap selebritis. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis
kedua yang diajukan oleh peneliti juga terbukti.
Collections
- Management [4539]