Analisis Motivasi Konsumen Dalam Membeli Meubel pada Perusahaan Meubel CV Rizki Mulya Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis Motivasi Konsumen Dalam Membeli
Meubel Pada Perusahaan Meubel CV Rizki Mulya Yogyakarta, yang meneliti ada
tidaknya perbedaan dalam pemilihan atribut yang memotivasi konsumen dalam
membeli meubel pada perusahaan meubel CV Rizki Mulya Yogyakarta
berdasarkan karakteristik konsumen. Atribut-atribut tersebut terdiri dari atribut
harga, atribut pelayanan karyawan, atribut fasilitas workshop, atribut kualitas,
atribut layanan purna jual dan atribut layanan pengiriman. Atribut yang paling
memotivasi tersebut diperoleh dari analisis deskriptif pemilihan atribut yang
memotivasi konsumen dalam membeli meubel di perusahaan meubel CV Rizki
Mulya Yogyakarta berdasarkan karakteristik konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan ada atau tidaknya
perbedaan dalam pemilihan atribut yang memotivasi konsumen dalam membeli
meubel di perusahaan meubel CV Rizki Mulya Yogyakarta berdasarkan
karakteristiknya, dan untuk menetapkan atribut mana yang paling dominan dalam
memotivasi konsumen dalam membeli meubel di perusahaan meubel CV Rizki
Mulya Yogyakarta.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dan sampel yang
diambil adalah 96 responden. Data diperoleh dari hasil jawaban kuesioner.
Metode analisis yang dipergunakan adalah metode chi-square (X²). Chi square ini
berusaha menunjukkan ada tidaknya perbedaan dalam pemilihan atribut yang
memotivasi konsumen dalam membeli meubel di perusahaan meubel CV Rizki
Mulya Yogyakarta.
Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan dari jenis kelamin terdapat
perbedaan yang signifikan antara laki-laki dan wanita sedangkan berdasarkan dari
tingkat usia dan tingkat pendapatan tidak terdapat perbedaan yang signifikan
sehingga tidak perlu adanya perbedaan pelayanan yang diberikan kepada
konsumen.
Collections
- Management [4552]