Show simple item record

dc.contributor.authorAnis Mid Roroh, 01311578
dc.date.accessioned2020-07-23T00:17:04Z
dc.date.available2020-07-23T00:17:04Z
dc.date.issued2005
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/22926
dc.description.abstractKunci utama untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dibanding dengan pesaingnya. Hand phone yang saat ini telah menjadi barang kebutuhan masyarakat guna menunjang komunikasi sangat berkaitan dengan sim card atau kartu telepon. Hal ini mendorong perusahan kartu, khususnya dalam penelitian ini adalah kartu telepon prabayar bersaing untuk dapat memberikan kepuasan melalui produk dengan atribut yang mendukung. Di Indonesia telah ada tiga perusahaan kartu prabayar yang bersaing, oleh karena itu penempatan posisi produk sangat penting untuk mengetahui peta persaingan dan dapat digunakan sebagai input untuk perumusan kebijakan atau strategi perusahaan selanjutnya. Hal ini dapat diketahui dengan menganalisis bagaimana sikap konsumen dari berbagai karakteristik mengenai atribut yang ditawarkan oleh keenam produk kartu prabayar Simpati Hoki, As, XL Bebas, XL Jempol, Mentari dan IM-3. Sasaran penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang menggunakan salah satu dari keenam produk kartu prabayar tersebut. Variabel yang diteliti adalah kualitas dengan 8 atribut yaitu : wilayah atau jangkauan kartu, fitur dan fasilitas, bonus dan hadiah, masa aktif dan masa tenggang kartu, pelayanan terhadap pelanggan, ketepatan dan kccepatan pelayanan, kesesuaian dengan merk hand phone dan kemampuan penerimaan sinyal. Variabel lainnya adalah harga dengan 3 atribut yaitu : tarif telepon dan tarif roaming nasional, harga kartu perdana dan harga voucher dan pengisian ulang kartu. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Presentase untuk mengetahui karakteristik konsumen, Multi Attribute Attitude Method untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atibut yang ditawarkan dan Perceptual Mapping untuk mengetahui posisi produk. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa karakteristik konsumen 50% adalah wanita, tingkat usia konsumen rata-rata adalah 17-26 tahun dengan tingkat pendapatan paling banyak Rp 0,00 - Rp 200.000,00, jenis pekerjaan sebagai pelajar atau mahasiswa dan lama penggunaan dibawah 1tahun. Dari analisis sikap konsumen diketahui bahwa kartu Simpati Hoki dinilai paling unggul dengan tanggapan sangat positif pada atribut kualitas dan positif pada atribut harga. Posisi produk pertama pada variabel kualitas ditempati oleh kartu Simpati Hoki yang unggul pada 5 atribut dan disusul oleh kartu As, XL Bebas, XL Jempol, Mentari dan IM-3. Sedangkan pada variabel harga berturut-turut ditempati oleh kartu Simpati Hoki, Mentari, XL Bebas, As, XL Jempol dan IM-3. Dengan analisis sikap konsumen dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan perusahaan Telkomsel mempunyai posisi paling unggul dibanding perusahaan Exelcomindo dan Satelindo.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPositioning Produk Kartu Prabayaren_US
dc.subjectTelepon Seluler Simpati Hokien_US
dc.subjectAsen_US
dc.subjectXL Bebasen_US
dc.subjectXL Jempolen_US
dc.subjectMentari dan IM-3en_US
dc.subjectSikap Konsumen di Yogyakartaen_US
dc.titleAnalisis Positioning Produk Kartu Prabayar Telepon Seluler Simpati Hoki, As, XL Bebas, XL Jempol, Mentari dan IM-3 Berdasarkan Sikap Konsumen di Yogyakartaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record