Analisis Positioning Produk Kartu Prabayar Telepon Seluler Simpati Hoki, As, XL Bebas, XL Jempol, Mentari dan IM-3 Berdasarkan Sikap Konsumen di Yogyakarta
Abstract
Kunci utama untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan
kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan memberikan kepuasan yang diinginkan
secara lebih efektif dan efisien dibanding dengan pesaingnya. Hand phone yang saat
ini telah menjadi barang kebutuhan masyarakat guna menunjang komunikasi sangat
berkaitan dengan sim card atau kartu telepon. Hal ini mendorong perusahan kartu,
khususnya dalam penelitian ini adalah kartu telepon prabayar bersaing untuk dapat
memberikan kepuasan melalui produk dengan atribut yang mendukung.
Di Indonesia telah ada tiga perusahaan kartu prabayar yang bersaing, oleh
karena itu penempatan posisi produk sangat penting untuk mengetahui peta
persaingan dan dapat digunakan sebagai input untuk perumusan kebijakan atau
strategi perusahaan selanjutnya. Hal ini dapat diketahui dengan menganalisis
bagaimana sikap konsumen dari berbagai karakteristik mengenai atribut yang
ditawarkan oleh keenam produk kartu prabayar Simpati Hoki, As, XL Bebas, XL
Jempol, Mentari dan IM-3.
Sasaran penelitian ini adalah masyarakat Yogyakarta yang menggunakan
salah satu dari keenam produk kartu prabayar tersebut. Variabel yang diteliti adalah
kualitas dengan 8 atribut yaitu : wilayah atau jangkauan kartu, fitur dan fasilitas,
bonus dan hadiah, masa aktif dan masa tenggang kartu, pelayanan terhadap
pelanggan, ketepatan dan kccepatan pelayanan, kesesuaian dengan merk hand phone
dan kemampuan penerimaan sinyal. Variabel lainnya adalah harga dengan 3 atribut
yaitu : tarif telepon dan tarif roaming nasional, harga kartu perdana dan harga
voucher dan pengisian ulang kartu.
Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis Presentase untuk
mengetahui karakteristik konsumen, Multi Attribute Attitude Method untuk
mengetahui sikap konsumen terhadap atibut yang ditawarkan dan Perceptual
Mapping untuk mengetahui posisi produk.
Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa karakteristik konsumen 50%
adalah wanita, tingkat usia konsumen rata-rata adalah 17-26 tahun dengan tingkat
pendapatan paling banyak Rp 0,00 - Rp 200.000,00, jenis pekerjaan sebagai pelajar
atau mahasiswa dan lama penggunaan dibawah 1tahun. Dari analisis sikap konsumen
diketahui bahwa kartu Simpati Hoki dinilai paling unggul dengan tanggapan sangat
positif pada atribut kualitas dan positif pada atribut harga. Posisi produk pertama
pada variabel kualitas ditempati oleh kartu Simpati Hoki yang unggul pada 5 atribut
dan disusul oleh kartu As, XL Bebas, XL Jempol, Mentari dan IM-3. Sedangkan pada
variabel harga berturut-turut ditempati oleh kartu Simpati Hoki, Mentari, XL Bebas,
As, XL Jempol dan IM-3. Dengan analisis sikap konsumen dapat disimpulkan bahwa
secara keseluruhan perusahaan Telkomsel mempunyai posisi paling unggul dibanding
perusahaan Exelcomindo dan Satelindo.
Collections
- Management [4527]