Analisis Sikap Konsumen dalam Menggunakan Jasa Tempat Bilyar di Q-Club Pool Lounge Cafe
Abstract
Analisis Sikap Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Tempat Bilyar di QClub
Pool Lounge Cafe.
Bermain olah raga bilyar merupakan aktifitas yang akhir-akhir ini banyak
digemari oleh kalangan muda maupun tua, bukan hanya pria saja yang kini
mendominasi dalam bermain bilyar, wanita juga kini banyak yang berlatih olah
raga bilyar, karena selain dapat dijadikan sebagai sarana hiburan dapat juga untuk
penyaluran hobi, seiring dengan itu pula banyak bermunculan usaha tempat bilyar.
Q-Club Pool Lounge Cafe merupakan salah satu tempat bilyar yang
memberikan nuansa berbeda dengan menghadirkan konsep bermain bilyar dan
entertainment atau disebut dengan konsep sport cafe.
Penelitian ini bertujuan untuk menetapkan sikap konsumen terhadap
atribut-atribut yang dimiliki oleh Q-Club Pool Lounge Cafe serta menetapkan ada
atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara sikap konsumen terhadap atribut-atribut
pada Q-Club Pool Lounge Cafe berdasarkan karakteristik konsumen.
Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan metode
kuisioner dan observasi, dengan populasi pemakai/pengguna jasa tempat bilyar Q-Club
Pool Lounge Cafe Yogyakarta, dimana teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan metode convinience sampling dengan jumlah sampel sebanyak
96 responden.
Dari hasil penelitian berdasarkan analisis fishbein dapat diketahui bahwa
sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang ditawarkan oleh Q-Club Pool
Lounge Cafe adalah positif dengan skor 1,14, dimana penilaian sikap paling tinggi
yaitu pada atribut variasi hiburan dengan indeks sikap sebesar 1,71, sedangkan
pada hasil analisis Kruskal-Wallis dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan sikap
konsumen yaitu pada : atribut keramahan dan kebersihan berdasarkan gender
(jenis kelamin), pada atribut lokasi strategis berdasarkan umur/usia responden,
pada atribut kenyamanan, variasi hiburan, entertainmen menarik dan variasi
makanan dan minuman berdasarkan tingkat pendidikan, pada atribut potongan
harga variatif berdasarkan tingkat penghasilan.
Kata kunci: Sikap konsumen, atribut penelitian, karakteristik konsumen
Collections
- Management [4527]