Pengaruh Aspek Pelatihan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos II Yogyakarta
Abstract
Kinerja sebuah organisasi atau perusahaan dinilai baik maupun buruk
tergantung pada manajemen yang berada di dalam perusahaan itu sendiri. Sumber-sumber
daya yang dimiliki oleh setiap perusahaan baik modal, fisik maupun
manusia dapat bekerja maksimal dalam mewujudkan tujuan perusahaan jika
manajemen perusahaan mampu untuk menyatukan dan mengelola visi serta misi
mereka semua.
Karyawan sebagai salah satu aset perusahaan dan merupakan salah satu
bagian dari perusahaan di dalam mewujudkan tujuan perusahaan. Dengan
demikain adanya pihak perusahaan senantiasa membina hubungan yang harmonis
dengan para karyawarnya, dimana salah satunya adalah dengan memberikan
pelatihan kerja dengan bertujuan adalah untuk mendorong para karyawan bekerja
lebih baik.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis data secara
kuantitatif dengan alat analisis Regresi Lmier Berganda, dan metode analisis data
secara kuantitatif yang dilakukan dengan teknik wawancara kepada bagian
personalia serta menggunakan teknik kuesioner dengan cara membuat dattar
pertanyaan yang berupa angket yang dibagikan kepada responden. Angket yang
digunakan adalah Skala likert. Sampel dan penelitian ini adalah seluruh
karyawan Kantor Pos II termasuk bagian SDM, Keungan, Giro, Sarana, Traffic,
Pengendalian Mutu (Dalmutu), Bisnis dan Komumlasi (Biskom), Pelayanan dan
Filateli.
Hasil penelitian menggambarkan sebagaian besar karyawan Kantor Pos II
berusia 30 tahun keatas dengan persentase sebesar 49,7 %, berjenis kelamin laki-laki
dengan persentase sebesar 55,9 %. Dari jenjang pendidikan sebagian besar
karyawan lulusan SMU/SMK dengan persentase sebesar 46,9 % sedangkan dari
masa kerja sebagian besar karyawan telah bekerja lebih dan 6 tahun dengan
persentase sebesar 40,0 %. Hasil perhitungan Validitas dan rehabilitas dilakukan
dengan program SPSS. Dari hasil perhitungan di peroleh Fhit =43,934 dan Ftab -
= 2793 dengan tingkat signifikansi a = 0,05. ini berarti Fhit > Ftab atau hipotesis
atau hipotesis kesahian diterima. Hal ini menunjukan bahwa ada hubungan
signifikan antara aspek pelatihan sebagai variabel independen (X) dengan
produktivitas kerja (Y) PT Pos Indonesia (PERSERO) Kantor Pos II Yogyakarta.
Variabel yang paling dominan mempengaruhi produktivitas kerja karyawan
adalah variabel keterampilan.
Collections
- Management [4527]