Analisis Pengaruh Endorser terhadap Minat Beli Konsumen (Studi pada Iklan Sepeda Motor Yamaha Jupiter di Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh endorser terhadap
minat beli konsumen. Unsur-unsur endorser yang diteliti meliputi daya tarik
endorser (X1), keahlian endorser (X2), dan kepercayaan endorser (X3). Selain itu,
penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui diantara variabel independen yang
diteliti, variabel manakah yang paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen
terhadap sepeda motor Yamaha Jupiter.
Penelitian ini menguji tiga hipotesis sebagai benkut H1: Diduga. daya
tarik endorser (X1), keahlian endorser (X2), dan kepercayaan endorser (X3)
secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen. H2:
variabel daya tarik endorser (X1), keahlian endorser (X2), dan kepercayaan
endorser (X3) secara parsial/sendiri-sendiri berpengaruh positif terhadap minat
beli konsumen H3: Diduga variabel kepercayaan endorser yang paling
berpengaruh terhadap minat beli konsumen terhadap produk sepeda motor
Yamaha Jupiter. Hipotesis 1 akan diuji dengan uji regresi linier berganda (uji b),
hipotesis 2 dengan uji statistik t, dan hipotesis 3 dengan cara melihat masing-masing
nilai koefisien regresi.
Penelitian ini mengambil 100 orang masyarakat Kec. Tegalrejo
Yogyakarta sebagai responden penelitian. Pengumpulan data melalui penyebaran
kuesioner tipe tertutup. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah metode
nonprobability sampling dengan tipe purposive sampling.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa secara bersama-sama maupun secara
parsial variabel daya tarik endorser (X1), keahlian endorser (X2), dan
kepercayaan endorser (X3) berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen atas
produk sepeda motor Yamaha Jupiter. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa kepercayaan terhadap endorser merupakan faktor yang paling berpengaruh
terhadap minat beli konsumen.
Collections
- Management [4527]