dc.description.abstract | Persaingan yang semakin ketat antara produsen batik di kota Yogyakarta
menyebabkan setiap produsen harus berusaha untuk menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya.
Banyaknya produsen batik yang berada di Yogyakarta membuat konsumen
lebih leluasa untuk menentukan pilihannya dalam membeli produk batik. Masalah yang
hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh:
Pertama, Pengaruh display terhadap keputusan pembelian konsumen CV batik Surya
Kencana Yogyakarta; Kedua, Pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian konsumen
CV batik Surya Kencana Yogyakarta; Ketiga, Pengaruh Pelayanan terhadap keputusan
pembelian konsumen CV batik Surya Kencana Yogyakarta; Keempat, Pengaruh display,
promosi dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen CV
batik Surya Kencana Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di CV Batik Surya Kencana Yogyakarta pada bulan
April - iuli 2006. populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen CV Batik Surya
Kencana Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner. Responden dipilih dengan teknik metode non-probability
sampling. Uji validitas menggunakan teknik Product Moment yang dilanjutkan dengan Part
Whole Corellation dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil yang diperoleh
dan uji tersebut adalah : (1) semua pertanyaan variabel display sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,793; (2) semua pertanyaan variabel promosi sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,781; (3) semua pertanyaan variabel pelayanan sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,780; (4) semua pertanyaan variabel keputusan pembelian sahih dan
reliabel dengan koefisien Alpha 0,762.
Hasil analisis regresi berganda terdapat pengaruh yang positif dan signifikan,
display, promosi, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian
konsumen dengan R² hitung sebesar 0,414. dengan nilai signifikan 0,000. Dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,643, maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara display (X₁), promosi (X₂), dan pelayanan (X₃) dengan keputusan pembelian
(Y). Besarnya hubungan ini tergolong erat karena mendekati angka 1. Dan persamaan
regresi diatas dapat diketahui bahwa variabel display (X₁), promosi (X₂), dan pelayanan
(X₃) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dan yang paling
dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah variabel pelayanan
(X₃), hal ini terjadi karena dari hasil perhitungan data tersebut menunjukkan bahwa angka
koefisien dan vanabel pelayanan (X₃) adalah paling besar dibanding dengan display (X₁)
dan promosi (X₂). | en_US |