Pengaruh Display, Promosi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada CV. Batik Surya Kencana Yogyakarta
Abstract
Persaingan yang semakin ketat antara produsen batik di kota Yogyakarta
menyebabkan setiap produsen harus berusaha untuk menarik minat konsumen sebanyak-banyaknya.
Banyaknya produsen batik yang berada di Yogyakarta membuat konsumen
lebih leluasa untuk menentukan pilihannya dalam membeli produk batik. Masalah yang
hendak dicari jawabannya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh:
Pertama, Pengaruh display terhadap keputusan pembelian konsumen CV batik Surya
Kencana Yogyakarta; Kedua, Pengaruh Promosi terhadap keputusan pembelian konsumen
CV batik Surya Kencana Yogyakarta; Ketiga, Pengaruh Pelayanan terhadap keputusan
pembelian konsumen CV batik Surya Kencana Yogyakarta; Keempat, Pengaruh display,
promosi dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen CV
batik Surya Kencana Yogyakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di CV Batik Surya Kencana Yogyakarta pada bulan
April - iuli 2006. populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen CV Batik Surya
Kencana Yogyakarta. Sampel diambil sebanyak 100 orang. Pengumpulan data dengan
menggunakan kuesioner. Responden dipilih dengan teknik metode non-probability
sampling. Uji validitas menggunakan teknik Product Moment yang dilanjutkan dengan Part
Whole Corellation dan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Hasil yang diperoleh
dan uji tersebut adalah : (1) semua pertanyaan variabel display sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,793; (2) semua pertanyaan variabel promosi sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,781; (3) semua pertanyaan variabel pelayanan sahih dan reliabel dengan
koefisien Alpha 0,780; (4) semua pertanyaan variabel keputusan pembelian sahih dan
reliabel dengan koefisien Alpha 0,762.
Hasil analisis regresi berganda terdapat pengaruh yang positif dan signifikan,
display, promosi, dan pelayanan secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian
konsumen dengan R² hitung sebesar 0,414. dengan nilai signifikan 0,000. Dengan nilai
koefisien korelasi sebesar 0,643, maka dapat diartikan bahwa terdapat hubungan yang
positif antara display (X₁), promosi (X₂), dan pelayanan (X₃) dengan keputusan pembelian
(Y). Besarnya hubungan ini tergolong erat karena mendekati angka 1. Dan persamaan
regresi diatas dapat diketahui bahwa variabel display (X₁), promosi (X₂), dan pelayanan
(X₃) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). Dan yang paling
dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen adalah variabel pelayanan
(X₃), hal ini terjadi karena dari hasil perhitungan data tersebut menunjukkan bahwa angka
koefisien dan vanabel pelayanan (X₃) adalah paling besar dibanding dengan display (X₁)
dan promosi (X₂).
Collections
- Management [4703]