Analisis Minat Beli Konsumen Pocari Sweat dan Powerade Isotonik Ditinjau dari Pengaruh Sikapnya setelah Melihat Iklan di Televisi dan Norma Subyektif
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Minat Beli Konsumen Pocari Sweat
dan Powerade Isotonik Ditinjau dari Pengaruh Sikapnya Setelah Melihat
Iklan di Televisi dan Norma Subyektif ini mencoba untuk mengidentifikasikan
ada tidaknya pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen
minuman isotonik merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik setelah para
konsumen melihat iklannya di televisi.
Ada beberapa masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini. Pertama
apakah terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap atribut manfaat produk dan
minat beli konsumen produk minuman isotonik merek Pocari Sweat dan
Powerade Isotonik. Kedua menentukan apakah ada pengaruh sikap dan norma
subyektif terhadap minat beli konsumen produk minuman isotonik merek Pocari
Sweat dan Powerade Isotonik. Ketiga mengidentifikasikan atribut manfaat yang
paling dominan mempengaruhi sikap konsumen serta referen dominan yang
berpengaruh terhadap norma subyektif konsumen produk minuman isotonik
merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik. Populasi penelitian adalah konsumen
potensial khususnya anggota fitness center yang sudah pernah melihat iklan
produk minuman isotonik merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik di televisi.
Data penelitian diperoleh dengan cara penyebaran kuesioner dan dilakukan secara
accidental sampling. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Peringkat Bertanda
Wilcoxon, Analisis Regresi Linier Berganda, dan Rata-rata Hitung.
Dan dari hasil pengujian dengan Uji Peringkat Bertanda Wilcoxon
menunjukkan adanya perbedaan sikap konsumen terhadap atribut manfaat produk
minuman isotonik merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik setelah melihat
iklannya di televisi. Perbedaan juga terjadi pada minat beli konsumen produk
minuman isotonik merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik. Dari uji F
menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh sikap dan norma subyektif terhadap minat beli konsumen produk
minuman isotonik merek Pocari Sweat dan Powerade Isotonik setelah melihat
iklannya di televisi. Selain itu, dari rata-rata hitung dapat diketahui bahwa atribut
manfaat produk yang paling mendominasi sikap konsumen adalah atribut
pengganti ion tubuh dan dan referen yang paling mendominasi norma subyektif
konsumen minuman isotonik merek Powerade Isotonik adalah referen keluarga.
Dan referen yang mendominasi norma subyektif konsumen minuman isotonik
merek Pocari Sweat adalah referen teman dekat.
Katakunci: Sikap, Norma Subyektif, dan Minat Beli konsumen.
Collections
- Management [4527]