Analisis Motivasi Pemenuhan Kebutuhan Konsumen di Mall Malioboro Yogyakarta
Abstract
Penulis mengadakan penelitian tentang "ANALISIS MOTIVASI PEMENUHAN
KEBUTUHAN KONSUMEN DI MALL MALIOBORO JOGJAKARTA"
(Berdasarkan Jenjang Kebutuhan Maslow), dikarenakan untuk mengetahui yang
pertama, untuk mengetahui hubungan antara karakteristik konsumen dengan
variabel motivasi (berdasarkan Maslow) didalam pemenuhan kebutuhan
konsumen konsumen di Mall Malioboro. Kedua untuk mengetahui seberapa kuat
hubungan antara masing-masing variabel karakateristik konsumen dengan
variabel motivasi (berdasarkan Maslow) dalam pemenuhan kebutuhan konsumen
di Mall Malioboro. Ketiga untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam
pemenuhan kebutuhan di Mall Malioboro Yogyakarta. Penelitian ini ditujukan
bagi konsumen yang berbelanja di Mall Malioboro dan faktor-faktor yang
mempengaruhi dalam pemenuhan kebutuhan konsumen di Mall Malioboro
Yogyakarta berdasarkan jenjang kebutuhan Maslow (Kebutuhan dasar atau
fisilogis, Kebutuhan keamanan dan keselamatan, Kebutuhan milik dan kecintaan
(sosial). Kebutuhan penghargaan, dan Kebutuhan aktualisasi diri). Rumusan
Hipotesis adalah Gender, usia, pendidikan terakhir, pekerjaan, dan tingkat
pendapatan mempunyai pengaruh dengan variabel motivasi seperti pemenuhan
kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan
penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri dalam melakukan pemenuhan
kebutuhan konsumen di Mall Malioboro. Kedua gender, usia, pendidikan
terakhir, pekerjaan, dan tingkat pendapatan mepunyai hubungan yang erat
dengan motivasi pemenuhan kebutuhan konsumen di Mall Malioboro yaitu:
kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan sosial, kebutuhan
penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri. Ketiga faktor yang paling dominan
mempengaruhi pemenuhan kebutuhan konsumen di Mall Malioboro adalah
faktor ingin memenuhi kebutuhan penghargaan (prestise). Penulis menggunakan
alat analisis untuk membuktikannya yaitu Chi Kuadrat. Berdasarkan analisa
kualitatif dan analisa kuantitatif maka hipotesis penelitian terbukti. Semoga hasil
penelitian ini berguna untuk menembah wawasan serta pengetahuan. Bagi Mall
Malioboro, penelitian ini dapat dijadikan pedoman dalam menyususn strategi
perusahaan.
Collections
- Management [4552]