Analisis Strategi Pemasaran pada Perusahaan Sirup Popp Kudus dalam Menghadapi Persaingan
Abstract
Kota Kudus terkenal sebagai kota kretek, kota wisata dan kota industri.
Tercatat sampai tahun 2005 lebih dan 10 perusahaan yang bergerak dalam produksi
sirup sebagai industri di bidang makanan. Salah satunya adalah Perusahaan Sirup
“POPI" Kudus. Bisnis ini memiliki tingkat persaingan yang sangat kompetitit,
sehingga memerlukan strategi bisnis yang baik untuk menghadapi persaingan.
Dengan mengambil latar belakang masalah tersebut penulis mengambil judul
Analisis Strategi Pemasaran pada Perusahaan Sirup "POPI" Kudus dalam
Menghadapi Persaingan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi bisnis perusahaan dan
menetapkan strategi apa yang tepat bagi perusahaan dalam menghadapi persaingan.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisa matrik MDTI dengan 5 skala.
Langkah pada matrik MDTI adalah mengidentifikasi variabel internal dan eksternal,
mernberikan penilaian masing-masing variable dan menentukan posisi perusahaan.
Hasil dan analisa tersebut memperlihatkan bahwa variabel internal
perusahaan bernilai tertimbang 3,31 dan nilai tertimbang variabel eksternalnya
adalah 375. Posisi perusahaan adalah di pertumbuhan selektif dengan kategori
medium. Implementasi strateginya adalah Memimpin berdasarkan segmen,
memperbaiki kelemahan, dan membangun keunggulan.
Collections
- Management [4703]