Analisis Motivasi Konsumen untuk Memilih Program Studi Manajemen pada Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan terhadap tiga SMU yang terbanyak memasukkan
anak didiknya ke FE UII. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai
perbedaan dalam pemilihan atribut yang memotivasi konsumen untuk memilih
program studi manajemen pada Universitas Islam Indonesia, dan dalam pemilihan
atribut mana yang paling dominan dalam memotivasi konsumen untuk memilih
program studi manajemen pada Universitas Islam Indonesia. Adapun judul penelitian
ini adalah "ANALISIS MOTIVASI KONSUMEN UNTUK MEMILIH PROGRAM
STUDI MANAJEMEN PADA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA".
Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan ada atau tidaknya perbedaan
dalam pemilihan atribut yang memotivasi konsumen untuk memilih program studi
manajemen padaUniversitas Islam Indonesia berdasarkan karakteristiknya, dan untuk
menetapkan atribut mana yang paling dominan dalam memotivasi konsumen untuk
memilih program studi manajemen pada Universitas Islam Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner dan sampel yang diambil
adalah 96 responden. Data diperoleh dari hasil jawaban kuesioner. Metode analisis
yang dipergunakan adalah metode chi-square (X²). Chi square ini berusaha
menunjukkan ada tidaknya perbedaan dalam pemilihan atribut yang memotivasi
konsumen untuk memilih program studi manajemen pada Universitas Islam
Indonesia berdasarkan karakteristiknya.
Hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapatnya perbedaan dalam pemilihan
atribut untuk memilih program studi manajemen pada Universitas Islam Indonesia
berdasarkan pada karakteristik, yaitu gender, jurusan dan prestasi di kelas. Sedangkan
pada status sekolah terdapat perbedaan dalam pemilihan atribut untuk memilih
program studi manajemen pada Universitas Islam Indonesia.
Collections
- Management [4703]