Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Olahragawan di Yogyakarta dalam Membeli Suplemen Hydroxycut
Abstract
Olahraga saat ini sudah menjadi kebutuhan hidup setiap orang. Bagi
seseorang, olahraga selain menjadi kebutuhan juga sebagai sarana menyehatkan
badan sekaligus rekreasi. Namun ada pula yang melakukan olahraga secara
profesional sehingga dapat menjadi mata pencaharian atau karier. Bagi seorang
pecinta olahraga terutama yang berhubungan dengan pembakaran lemak atau
penurunan berat badan atau pembentukan tubuh cenderung mengenal berbagai
suplemen yang berguna bagi mereka dalam melakukan aktifitas tersebut.
Suplemen-suplemen pendukung selain berfungsi seperti di atas juga berfungsi
sebagai peningkat stamina sehingga olahragawan menjadi semakin bersemangat.
Namun perlu diketahui pula bahwa suplemen-suplemen tersebut bukan
merupakan obat "doping" yang dilarang oleh setiap induk olahraga.
Beberapa macam suplemen pendukung tersebut saat ini banyak beredar di
pasaran, seperti: Hydroxycut, Amino, Creatine, dan lain sebagainya. Hydroxycut
merupakan salah satu dari sekian banyak suplemen yang berfungsi selain
meningkatkan stamina juga menurunkan kadar lemak dalam tubuh
pengkonsumsinya. Suplemen ini juga merupakan salah satu suplemen yang
dikonsumsi para atlit atau olahragawan di kota Yogyakarta. Oleh karena itu
dengan banyaknya suplemen yang dipasarkan di Yogyakarta, konsumen dalam hal
ini atlit atau olahragawan akan dihadapkan pula pada berbagai pilihan suplemen.
Knsumen akan semakin selektif dalam membeli suplemen termasuk suplemen
Hydroxycut. Beberapa faktor akan menjadi pertimbangan bagi mereka seperti
Harga, Kemasan, Kualitas, maupun Distribusi mereka dapat memperoleh produk
tersebut. Oleh karena itu penulis bermaksud untuk mengetahui bagaimana
pengaruh faktor-faktor tersebut bagi oiahragawan atau atlit dalam mengambil
keputusan untuk membeli produk suplemen tersebut.
Untuk memecahkan permasalahan tersebut, penulis menggunakan teori
perilaku konsumen serta alat analisis Regresi Berganda. Berdasarkan hasil uji
regresi berganda dapat diketahui bahwa secara simultan faktor Harga, Kemasan,
Distribusi, dan Kualitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen
dalam hal ini oiahragawan atau atlit dalam membeli produk suplemen
Hydroxycut, secara parsial faktor harga dan kemasan tidak berpengaruh
signifikan. Sedangkan yang paling dominan berpengaruh bagi konsumen dalam
mengambil keputusan pembelian adalah faktor kualitas.
Collections
- Management [4545]