PENGARUH PENGALAMAN PELANGGAN PADA MEREK LAPTOP MACBOOK DI SOSIAL MEDIA TERHADAP PERSEPSI MEREK DAN EKUITAS PELANGGAN (Studi Pada Konsumen Pengguna Laptop Macbook di Yogyakarta)
Abstract
Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengalaman
pelanggan pada merek Laptop Macbook di sosial media terhadap persepsi merek
dan ekuitas pelanggan pada konsumen pengguna Laptop Macbook di Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan instrumen penelitian ini
menggunakan kuesioner. Jumlah sampel yang digunakan adalah 153 responden
yang merupakan konsumen pengguna Laptop Macbook di Yogyakarta. Alat uji
analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) AMOS.
Kesimpulan penelitian menunjukkan pembelian produk secara rasional
berdasarkan manfaat dan fungsinya (nilai utilitarian) akan meningkatkan
pengalaman berbelanja dari seorang konsumen pada saat konsumen tersebut
mencari produk, membeli, menerima pelayanan dan mengkonsumsi produk.
Tingginya pengalaman konsumen berbelanja menjadikan semakin kuat
keterikatan yang dimiliki oleh konsumen pada suatau produk yanag akan
dibelinya, konsumen semakin melibatkan diri atau semakin kuat interaksinya
terhadap merek produk tersebut. Penelitian ini juga menunjukkan semakin
tingginya pengalaman konsumen pada suatu merek akan mengakibatkan hasil
positif terhadap konsumen yaitu tingginya kepercayaan pada merek produk
tersebut. Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baiknya pengalaman
konsumen dalam pembelian, keterlibatan konsumen terhadap produk dan
tingginya kepercayaan pada sebuah produk yang dikonsumsi akan menyebabkan
tingginya ekuitas pelanggan pada merek produk tersebut.
Collections
- Management [4527]