MENGELOLA MODEL BISNIS GANDA DALAM PERSPEKTIF AMBIDEXTERITY (Studi Kasus pada Archipelago International Yogyakarta)
Abstract
Salah satu industry unggulan dan memiliki pangsa pasar luas di Indonesia adalah pariwisata. Industri pariwisata memiliki beberapa jenis bisnis yang juga potensial di Indonesia salah satunya adalah bisnis akomodasi penginapan. Luasnya pangsa pasar dan ketatnya persaingan menuntut bisnis akomodasi penginapan memerlukan ambidexterity dan juga dual model bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti lebih dalam mengenai dual business models dalam perspektif ambidexterity yang
dilakukan oleh salah satu perusahaan jasa akomodasi penginapam yaitu jaringan manajemen hotel Archipelago International Yogyakarta di kedua unit bisnis yang berbeda, untuk kelas low cost yaitu Neo Maliboro Hotel dan untuk kelas premium
cost yaitu Grand Aston Hotel Yogyakarta. Penelitian ini menghasilkan bahwa Grand Aston Hotel untuk kelas premium cost lebih berfokus pada eksploitasi untuk menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dibandingkan dengan melakukan eksplorasi pengembangan perusahaan. Sedangkan untuk Neo Malioboro Hotel untuk kelas low cost lebih berfokus pada eksplorasi ataub pengembangan bagi perusahaan yang dilakukan di hampir semua divisi terutama pemasaran, SDM, dan food & beverage. Mengingat persaingan harga hotel di kelas medium yang merajalela sehingga secara eksploitasi tidak bisa menghasilkan keuntungan secara besar untuk perusahaan.
Collections
- Master of Management [408]