ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DI BUKALAPAK
Abstract
E-commerce merupakan proses jual beli berupa barang ataupun jasa yang menghubungkan antara konsumen dengan produsen dalam dunia maya yang terhubung melalui jaringan internet. Dalam kehidupan bermuamalah, Islam sangat mendorong kemajuan teknologi, termasuk inovasi-inovasi yang diterapkan dalam sistem perdagangan. Akan tetapi, inovasi dalam berdagang ini harus dipahami dengan benar dan dikaji kesesuaiannya dengan prinsip-prinsip syariah dan muamalah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis seberapa besar bukalapak menerapkan etika bisnis islam dalam mrnjalankan bisnis online shop dan menganalisis hubungan variabel security, privacy dan non-deception terhadap variabel reliability. Penelitian ini melakukan analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan aplikasi R. Pada penelitian ini keseluruhan variabel yang diteliti telah menerapkan etika bisnis islam. Aspek kebenaran telah diterapkan pada variabel security, privacy, non-deception dan reliability. Aspek tanggung jawab diterapkan oleh variabel security, privacy dan reliability. Aspek kehendak bebas diterapkan pada variabel non-deception. Variabel security, privacy dan nondeception tidak berpengaruh positif terhadap variabel reliability.
Collections
- Islamic Economics [826]