Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Nanang Nuryanta, M.Pd
dc.contributor.authorHerman Yunianto, 15422150
dc.date.accessioned2020-04-28T07:12:44Z
dc.date.available2020-04-28T07:12:44Z
dc.date.issued2020-01-07
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19897
dc.description.abstractEvaluasi pendidikan adalah kegiatan pengendalian, penjaminan, dan penetapan mutu pendidikan terhadap komponen pendidikan pada setiap jalur dan jenjang. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) mengetahui bagaimana implementasi teknik evaluasi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam pembelajaran akidah akhlak kelas XI Program Keagamaan di MAN 3 Sleman. (b) mengetahui teknik evaluasi yang digunakan dalam evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI Program Keagamaan, guru akidah akhlak, dan waka kurikulum MAN 3 Sleman. Obyek penelitian adalah implementasi teknik evaluasi ranah kognitif afektif dan psikomotorik pada pembelajaran akidah akhlak serta faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Analisis datanya menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses implementasi teknik evaluasi pada pembelajaran akidah akhlak kelas XI Program Keagamaan di MAN 3 Sleman dilaksanakan melalui: (a) perencanaan yang matang. (b) pelaksanaan evaluasi sesuai jadwal yang direncanakan. (c) evaluasi kelulusan siswa. 2) Teknik yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran akidah akhlak yaitu: (a) aspek kognitif dengan tes tertulis, tes lisan, dan penugasan dengan menggunakan instrument penilaian pilihan ganda dan uraian. (b) aspek afektif menggunakan teknik observasi dengan skala likert, thrustone, guttman, dan pengukuran minat. (c) aspek psikomotorik dengan teknik praktik dan portofolio. (d) Faktor pendukung melakukan evaluasi meliputi: fasilitas yang memadai, memiliki aplikasi evaluasi berbasis android, mayoritas siswa berlatar belakang pondok pesantren, sekolah islam terpadu, dan MTs. (e) faktor penghambatnya meliputi: kondisi dan kemampuan siswa dalam menangkap materi pembelajaran, kemampuan berbeda siswa mengekspresikan pemikiran dan pemahamannya, dan keterbatasan waktu.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTekniken_US
dc.subjectEvaluasien_US
dc.subjectPembelajaran Akidah Akhlaken_US
dc.titleIMPLEMENTASI TEKNIK EVALUASI RANAH KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS XI PROGRAM KEAGAMAAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 3 SLEMANen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record