Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. H.A.F. Djunaidi, M.Ag
dc.contributor.authorFAUZI, 14422129
dc.date.accessioned2020-04-28T06:11:44Z
dc.date.available2020-04-28T06:11:44Z
dc.date.issued2020-01-06
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/19890
dc.description.abstractSebagai salah satu komponen pendidikan penebar nilai-nilai kemanusiaan dalam proses belajar mengajar guru harus ikut berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia potensial dan berkualitas. Oleh karena itu, guru harus ikut serta secara aktif dan menempatkan kedudukannya sebagai tenaga profesional, sesuai dengan tuntutan masyarakat yang semakin berkembang. Setiap pribadi guru terletak tanggung jawab untuk membawa peserta didiknya pada suatu kedewasaan atau taraf kematangan tertentu, dalam hal ini guru tidak semata-mata sebagai pengajar yang melakukan transfer of knowledge, tetapi juga melakukan transfer of values dan sekaligus transfer of skill. Berdasarkan rumusan masalah diatas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep guru yang ideal menurut Munif Chotib dalam bukunya yang berjudul“gurunya manusia” dan bagaimana cara menjadi guru yang ideal menurut munif chotib. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan model library research. pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, serta analisis data menggunakan content analisys. Konsep guru ideal menurut Munif Chotib adalah guru yang menjungjung tinggi potensi-potensi kemanusiaan yang disebut dengan gurunya manusia, memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional. Untuk menjadi guru yang ideal ada lima syarat menurut Munif Chotib sebagai berikut : Bersedia untuk selalu belajar, membuat perencanaan pembelajaran secara rutin, bersedia diobservasi, Selalu tertantang meningkatkan kreativitas, memiliki karakter yang baik. Selain syarat tersebut juga ada yang harus dilakukan sebagai cara menjadi guru ideal sebagai berikut : Mengangap setiap peserta didiknya adalah Juara, Mengajar dengan hati, Memahami kemampuan dan kecerdasan anak dalam arti luas, Terus menjelajah kemampuan siswa, Mengajar dengan cara menyenangkan, Memposisikan diri sebagai fasilitator.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKonsepen_US
dc.subjectGuru Idealen_US
dc.subjectMunif Chotiben_US
dc.subjectGurunya Manusiaen_US
dc.titleKONSEP GURU IDEAL MENURUT MUNIF CHOTIB DALAM BUKU GURUNYA MANUSIAen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record