PARADIGMA PEMBELAJARAN GENERASI Z (STUDI KASUS PESERTA DIDIK DI MAN I YOGYAKARTA)
Abstract
Hadirnya penelitian ini merupakan hasil pengamatan peneliti tentang adanya perbedaan yang unik pada pelajar generasi Z, termasuk aspek pembelajaran terkait pendekatan dan sikap generasi Z di sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menemukan seperti apa paradigma yang sebenarnya diinginkan oleh generasi Z terhadap pembelajaran di kelas.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field research), dimana data yang dikumpulkan merupakan hasil akumulasi data yang didapatkan di lapangan. Informan penelitian meliputi peserta didik dan pendidik, sedangkan tempat penelitiannya berada di MAN 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan wawancara dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif Miles & Huberman.
Hasil penelitian generasi Z menunjukan dominan berpola pikir progressivisme dalam pembelajaran. Namun tidak menutup kemungkinan, bahwa masing-masing kelompok aliran pemikir seperti essensial, perennial, rekonstruksi, eksistensi dan pedagogi kritis juga dimiliki oleh generasi Z. Dalam pembelajaran penempatan paradigma progressivisme cenderung pada instrument pembelajaran, pendekatan, dan gaya diskusi serta sumber belajar.
Collections
- Islamic Education [862]