Analisis Penilaian Kinerja untuk Mengukur Kepuasan Konsumen Prambanan Garden Restaurant di Jogjakarta
Abstract
Kepuasan konsumen merupakan issue sentral bagi semua perusahaan di Indonesia. Dalam rangka meningkatkan kepuasan konsumen, setiap perusahaan harus terus berupaya memperbaiki kualitas produk/jasanya. Kepuasan atau ketidakpuasan konsumen terhadap suatu produk yang dikonsumsinya atau jasa yang digunakannya mempunyai pengaruh pada perilaku konsurnen selanjutnya. Apabila puas maka konsumen akan mengulangi pembelian atau memberikan referensi yang baik kepada orang lain untuk membeli dan menggunakan produk1jasa tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sample 100 responden secara random (random sampling) dengan metode convenience (kemudahan) yaitu pengarnbilan sample hanya dilakukan pada orang yang pemah atau sedang menggunakan jasa Prambanan Garden Restaurant (PGR). Analisis tingkat kepuasan konsumen PGR ini dilakukan dengan menilai kinerja hwddwmenggunakan analisis statistic deskriptif dan uji perbedaan kepuasan.
Dari hasi analisis dan pembahasan yang dilakukan rnaka dapat disimpulkan bahwa tingkat rata-rata kepuaan konsumen PGR hanya atau masih berada di kategori sedang yaitu sebesar 72.65. Kontribusi atribut yang paling tinggi terhadap kepuasan adalah tata letak sebesar 17.34, sedangkan kontribusi terendah adalah 8,86 untuk fasilitas. Setelah diuji bed.a rata-rata tingkat kepuasan konsumen dengan faktor demografis konsurnen yang meliputijenis kelamin, umur, pekerjaan, pendapatan dan pendidikan. hanya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara tingkat kepuasan dengan umur.
Collections
- Management [4527]