Show simple item record

dc.contributor.advisorIda Nuraini Kodrat Ningsih S.Ikom.,M.A.
dc.contributor.authorFathur Rahman, 14321157
dc.date.accessioned2020-02-27T08:35:50Z
dc.date.available2020-02-27T08:35:50Z
dc.date.issued2019-12-10
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/18484
dc.description.abstractccDengan melihat betapa banyak kasus perusakan ekosistem dan habitat di Indonesia. Perusakan alam yang dilakukan oleh manusia itu sendiri tidak mendapat perhatian dimata masyarakat. Terkadang kita sadar juga lingkup kehidupan sehari-hari kita masih banyak kita menemukan teman atau sahabat kita yang tidak peduli akan lingkungannya. Kehadiran akun instagram @wwf_id. Akun @wwf_id merupakan akun yang memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk berkampanye menjaga lingkungan dan habitat kritis. Akun instagram @wwf_id mempunyai kampanye yang bertujuan melindungi ekosistem dan habitat yang terancam punah yang ada di Indonesia dengan cara menggunakan medium social media instagram. Analisis Resepsi dalam penelitian ini ingin melihat hubungan antara khalayak sebagai (pengamat, pegkonsumsi, permirsa, dan pengguna dari internet) dengan media. Dalam hal ini media menjadi stimuli untuk individu dalam menikmati sajian pesan ataupun konten yang ditampilkan dalam instagram. Konten atau isi dari pesan dari media menjadi wacana perbincangan oleh khalayak. Untuk mengukur standar khalayak dengan media yaitu menggunakan cara analisis resepsi (reception analysis), untuk memberikan makna dari pemahaman khalayak atas pesan media dengan memahami bagaimana karakter konten sosial media instagram @wwf_id dibaca khalayak. Empat dari narmber dalam penelitian ini masuk kedalam pembacaan Dominant Position dan dua masuk kedalam Negosiate Position. Hal ini dikarenakan semua narasumber mendapatkan ilmu tentang konservasi lingkungan, bagaimana pentingnya merawat lingkungan hingga dampak yang diakibatkan dari tidak menjaga lingkungan akan tetapi ada juga narasumber yang tidak sepenuhnya mencari tahu tentang lingkungan mereka malah tertarik dengan pembahasan yang diluar lingkungan. Mereka semua juga setuju bahwa kampanye yang dilakukan oleh akun @wwf_id di Instagram mengedukasi orang banyak tentang lingkungan. mereka juga menerima pesan yang disampaikan oleh endoder. Pesan yang disampaikan melalui akun tersebut dinilai positif, menarik dan kesannya tidak memaksa tetapi sampai kepada publik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKampanyeen_US
dc.subjectKonservasi Lingkunganen_US
dc.subjectWWF Indonesiaen_US
dc.subjectInstagramen_US
dc.subjectAnalis Resepsien_US
dc.titleAnalisis Resepsi Followers Akun WWF Terhadap Kampanye Konservasi Lingkungan di Instagramen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record