Analisis Resepsi Followers Akun WWF Terhadap Kampanye Konservasi Lingkungan di Instagram
Abstract
ccDengan melihat betapa banyak kasus perusakan ekosistem dan habitat di Indonesia. Perusakan
alam yang dilakukan oleh manusia itu sendiri tidak mendapat perhatian dimata masyarakat. Terkadang
kita sadar juga lingkup kehidupan sehari-hari kita masih banyak kita menemukan teman atau sahabat
kita yang tidak peduli akan lingkungannya. Kehadiran akun instagram @wwf_id. Akun @wwf_id
merupakan akun yang memanfaatkan sosial media sebagai platform untuk berkampanye menjaga
lingkungan dan habitat kritis. Akun instagram @wwf_id mempunyai kampanye yang bertujuan
melindungi ekosistem dan habitat yang terancam punah yang ada di Indonesia dengan cara
menggunakan medium social media instagram.
Analisis Resepsi dalam penelitian ini ingin melihat hubungan antara khalayak sebagai
(pengamat, pegkonsumsi, permirsa, dan pengguna dari internet) dengan media. Dalam hal ini media
menjadi stimuli untuk individu dalam menikmati sajian pesan ataupun konten yang ditampilkan dalam
instagram. Konten atau isi dari pesan dari media menjadi wacana perbincangan oleh khalayak. Untuk
mengukur standar khalayak dengan media yaitu menggunakan cara analisis resepsi (reception
analysis), untuk memberikan makna dari pemahaman khalayak atas pesan media dengan memahami
bagaimana karakter konten sosial media instagram @wwf_id dibaca khalayak.
Empat dari narmber dalam penelitian ini masuk kedalam pembacaan Dominant Position dan
dua masuk kedalam Negosiate Position. Hal ini dikarenakan semua narasumber mendapatkan ilmu
tentang konservasi lingkungan, bagaimana pentingnya merawat lingkungan hingga dampak yang
diakibatkan dari tidak menjaga lingkungan akan tetapi ada juga narasumber yang tidak sepenuhnya
mencari tahu tentang lingkungan mereka malah tertarik dengan pembahasan yang diluar lingkungan.
Mereka semua juga setuju bahwa kampanye yang dilakukan oleh akun @wwf_id di Instagram
mengedukasi orang banyak tentang lingkungan. mereka juga menerima pesan yang disampaikan oleh
endoder. Pesan yang disampaikan melalui akun tersebut dinilai positif, menarik dan kesannya tidak
memaksa tetapi sampai kepada publik.
Collections
- Communication [943]