Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Kampung Waerebo oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai NTT
Abstract
Penelitian ini menjelaskan tentang strategi komunikasi pemasaran yang
dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai dalam
mempromosikan objek pariwisata Kampung Waerebo. Selain itu juga untuk
mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat promosi pariwisata serta cara
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai dalam mengatasi
hambatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada
khalayak luas tentang strategi komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata
Kabupaten Manggarai.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Dalam melakukan pengambilan dan pengumpulan data peneliti melakukan
wawancara, dokumentasi dan analisis data observasi saat berada di Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai dan data-data tambahan berupa
dokumentasi dari Dinas Pariwisata.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi komunikasi pariwisata yang
dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Kabupaten Manggarai mengacu kepada
Komunikasi Pemasaran. Strategi komunikasi pariwisata yang dilakukan mengarah
kepada elemen-elemen yang ada dalam promotion mix. Peneliti menemukan faktor
pendukung berupa Rumah Mbaru Niang sebagai daya tarik utama yang unik dalam
promosi pariwisata Kampung Waerebo dan faktor penghambat seperti belum
berjalannya elemen promosi dari direct marketing. Hal yang perlu diperhatikan
oleh Dinas Pariwisata yang terkait dengan hal kegiatan pemasaran pariwisata
seperti menerapkan direct marketing guna mengembangkan usaha promosi
pariwisata yang ada di Kampung Waerebo. Pengembangan sarana dan prasarana
pariwisata adalah satu dari sekian banyak hal yang menjadi kewajiban Dinas
Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Manggarai.
Collections
- Communication [943]