STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PARIWISATA DINAS PEMUDA, OLAHRAGA DAN PARIWISATA KABUPATEN SINTANG KALIMANTAN BARAT DALAM MENINGKATKAN PARIWISATA KABUPATEN SINTANG KEPADA WISATAWAN
Abstract
Kabupaten Sintang merupakan sebuah Kabupaten kecil yang ada di Kalimantan
Barat yang baru-baru ini memulai langkahnya dalam pemasaran pariwisatanya, dengan
ikon utamanya yaitu Bukit Kelam yang menjadi salah satu cagar budaya dunia dan
mempunyai berbagai keindahan alam tropis dan budaya yang ada di Kabupaten Sintang
ini. Untuk mempromosikan potensi dari pariwisata Kabupaten Sintang, Dinas
Pariwisata Kabupaten Sintang sudah melakukan berbagai strategi demi meningkatkan
wisatawan di Kabupaten Sintang. Dalam pemasarannya Dinas Pemuda, Olahraga dan
Pariwisata Kabupaten Sintang perlu mendapakan pemfokusan penelitian, maka dari itu
penelitian ini dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk Menguraikan dan
mendeskripsikan Strategi komunikasi apa yang digunakan Pemetintah Dinas Pemuda,
Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang dalam meningkatkan jumlah wisatawan.
Dan untuk Mengkaji kekuatan dan kelemahan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata
Kabupaten Sintang dalam menerapkan komunikasi Pemasaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif.
Dalm permulaannya dilakukan teknik pengumpulan data dan observasi dan wawancara
dengan narasumber yaitu pihak Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten
Sintang dan kemudian menganalisis temuan penelitian.
Hasil temuan analisis penelitian menemukan bahwa Dinas Pemuda, Olahraga dan
Pariwisata Kabupaten Sintang menggunakan konsep Promotion Mix dan Marketing
Mix dan mempunyai segmentasi pasar. Sebagai pendukung, Dinas Pemuda, Olahraga
dan Pariwisata Kabupaten Sintang juga melakukan berbagai kegiatan pemasaran di
media-media seperti Media Sosial, TV lokal dan surat kabar untuk mempromosikan
produknya. Faktor penghambat proses pemasaran adalah beberapa elemen mix
promotions seperti direct selling, sales promotions tidak dilakukan, serta belum adanya
branding.
Collections
- Communication [949]