PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DI SOSIAL MEDIA PADA NIAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth (eWOM) terhadap niat beli Smartphone Samsung. Populasi dalam penelitian ini yaitu para pengguna Smartphone Samsung dengan jumlah sampel sebanyak 210 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuantitatif dengan penyebaran kuesioner melalui google form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan analisis model persamaan struktural atau SEM (Structural Equation Modeling) yang diolah menggunakan AMOS. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan Kegunaan eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan nilai r=0,212 dan p=0,012. Kegunaan eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi eWOM dengan nilai r=0,459 dan p=0,000. Kredibilitas eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap adopsi eWOM dibuktikan dengan nilai r=0,481 dan p=0,000. Kemudian Kredibilitas eWOM juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan nilai r=0,212 dan nilai p=0,015. Adopsi eWOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli dengan nilai r=0,536 dan p=0,000. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, secara garis besar Electronic Word of Mouth (eWOM) berpengaruh terhadap niat beli Smartphone Samsung.
Collections
- Management [4552]