Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut-Atribut yang Ditawarkan Bank BPD DIY Cabang Sleman
Abstract
Keputusan masyarakat untuk menjadi nasabah Bank BPD DIY Cabang Sleman ditentukan oleh berbagai atribut yang melekat pada Bank BPD DIY Cabang Sleman. Atribut-atribut tersebut meliputi variasi produk, fasilitas, pelayanan, tingkat keamanan dan tingkat suku bunga. Dari beberapa atribut tersebut, pengetahuan perusahaan (Bank) terhadap sikap nasabahnya dalam memanfaatkan jasa/layanan yang disediakan hendaknya perlu dilakukan secara kontinyu, karena dapat digunakan pula untuk mengevaluasi kinerja perusahaan (Bank) itu sendiri. Oleh karena itu penulis mengangkat permasalahan tersebut kedalam penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap konsumen terhadap atribut-atribut yang ditawarkan Bank BPD DIY Cabang Sleman dan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan penilaian konsumen terhadap atributatribut yang ditawarkan Bank BPD DIY Cabang Steman jika dilihat dari karakteristik usia dan pendapatan nasabah. Obyek penelitian adalah pada Bank BPD DIY Cabang Sleman. Metode yang digunakan adalah dengan Analisis Indeks , Sikap (Formulasi Visbein). Analisis Kai Kuadrat (Chi-Squares) serta Analisis Koefisien Kontingensi dan Analisis Koefisien Kontingensi Maksimum.
Secara keseluruhan, setelah dilakukan penelitian dapat diketahui bahwa dari hasil perhitungan indeks sikap diperoleh nilai sebesar 16400 dan berada pada rentang 1440 l -19200 yang menunjukkan bahwa sikap konsumen terhadap atributatribut yang ditawarkan Bank BPD DIY Cabang Sleman adalah positif. Nilai indeks sikap tertinggi terdapat pada keamanan nasabah ketika bertransaksi di Bank BPD DIY Cabang Sleman, yang kedua terdapat pada ketelitian dan kecepalan karyawan dalam melayani nasabah, dan yang ketiga terdapat pada keamanan dana yang disimpan dan dapat diketahui juga bahwa ada hubungan yang erat antara karakteristik konsumen, yaitu usia terhadap atribut variasi produk dalam prosedur dan syarat administrasi dan usia terhadap fasilitas serta antara karakteristik konsumen, yaitu pendapatan nasabah terhadap atribut keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani nasabah dan pendapatan nasabah terhadap keamanan dana nasabah yang disimpan pada Bank BPD DIY Cabang Sleman.
Collections
- Management [4703]