PENGARUH IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS KONSUMEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat efek yang diberikan oleh
implementasi corporate social responsibility terhadap citra perusahaan dan
loyalitas konsumen, juga pengaruh yang diberikan citra perusahaan terhadap
loyalitas konsumen. Sampel yang digunakan sebesar 100 responden dengan
menggunakan metode purposive sample. Populasi dari penelitian ini adalah
perokok aktif, konsumen PT Djarum Indonesia yang berdomisili di Sleman, D.I.
Yogyakarta. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, dan
path analysist.
Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Implementasi CSR terhadap
citra perusahaan dan loyalitas konsumen pada konsumen PT Djarum Indonesia
adalah positif dan signifikan. Variabel citra perusahaan terbukti dalam memediasi
implementasi CSR terhadap loyalitas konsumen secara positif dan signifikan.
Penelitian ini diimplikasikan dapat membantu perusahaan untuk membangun CSR
lebih baik agar meningkatkan citra perusahaan dan meningkatkan loyalitas
konsumen.
Collections
- Akuntansi [4424]