Implementasi Technological Acceptance Model (TAM) terhadap Penggunaan Media Sosial pada Usaha Kecil di Kota Yogyakarta
View/ Open
Date
2019-11-25Author
Fakhri Muhammad Farachnanda, 15311110
Metadata
Show full item recordAbstract
Media sosial merupakan salah satu perantara usaha kecil untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Selain itu media sosial juga dapat digunakan usaha kecil sebagai media promosi. Banyak pertimbangan yang berasal dari usaha kecil itu sendiri ketika akan menggunakan media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Technological Acceptance Model (TAM) pada penggunaan media sosial oleh usaha kecil. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil yang berada di Kota Yogyakarta dengan total jumlah sampel 159 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pertnyaan melalui kuisioner kepada responden. Seluruh data responden di analisis menggunakan teknik analisis data regresi linier sederhana dan analisi regresi moderasi dalam versi pengolahan menggunakan program SPSS Statistic 25.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Social Influence berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness begitu juga Perceived Usefulness dengan Niat Keberlanjutan Menggunakan terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan Social Influence tidak berpengaruh signifikan terhadap Niat Keberlanjutan untuk menggunakan Media Sosial begitu juga dengan adanya penambahan variabel moderasi yaitu Pengalaman Menggunakan Media Sosial juga tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
Collections
- Management [4524]