Show simple item record

dc.contributor.advisorDr. Junanah, MIS
dc.contributor.authorLaily Navi’atul Farah, 15422058
dc.date.accessioned2020-01-29T07:16:02Z
dc.date.available2020-01-29T07:16:02Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17648
dc.description.abstractMedia sosial yang paling banyak digunakan saat ini adalah instagram. Berbagai macam informasi mudah didapatkan di instagram salah satunya informasi tentang keagamaan yang banyak disebarkan oleh akun dakwah yang memang khusus digunakan untuk berdakwah dengan cara memposting mengenai informasi keagamaan. Dengan memanfaatkan fitur yang ada di instagram seperti foto maupun video yang berisi tentang keagamaan merupakan salah satu hal yang dapat mempengaruhi pengikut dari akun dakwah Islam di instagram tersebut. Dari fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengaruh akun dakwah Islam di instagram terhadap perilaku keagamaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Unversitas Islam Indonesia 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini diambil dari seluruh mahasiswa aktif PAI FIAI UII angkatan 2017 yang memiliki akun instagram dan mengikuti akun dakwah Islam di instagram. Mahasiwa aktif PAI FIAI UII angakatan 2017 berjumlah 172 mahasiswa dari 172 mahasiswa aktif ini penulis mengambil sampel sebanyak 40 mahasiswa dari PAI FIAI UII angakatan 2017. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang diolah dengan bantuan computer dengan program SPSS versi 22 for windows. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara akun dakwah Islam di instagram terhadap perilaku keagamaan dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 0,05. Besarnya pengaruh akun dakwah Islam di instagram terhadap perilaku keagamaan sebesar 34,1% dan sisanya merupakan variabel lain sebesar 65,9% yang diasumsikan adalah berasal dari (a) faktor internal meliputi pengalaman pribadi, pengalaman emosi dan minat, (b) faktor eksternal meliputi interaksi dan pengalaman.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectakun dakwah Islamen_US
dc.subjectinstagramen_US
dc.subjectperilaku keagamaanen_US
dc.titlePENGARUH AKUN DAKWAH ISLAM DI INSTAGRAM TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2017en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record