Show simple item record

dc.contributor.advisorSupriyanto Abdi, S.Ag, MCAA.,
dc.contributor.authorIsmah Ma’rifatul Aliyah, 15422019
dc.date.accessioned2020-01-29T07:01:55Z
dc.date.available2020-01-29T07:01:55Z
dc.date.issued2019-11-11
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17645
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan yang dirasakan peneliti terhadap banyaknya fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar maupun sosial media contohnya seperti seseorang yang mempunyai latar belakang pendidikan yang sama tidak menjamin memiliki sikap toleransi. Sebaliknya seseorang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sama memiliki sikap toleransi dalam dirinya. Dari kegelisahan terkait sikap toleransi tersebut model problem based learning dapat menumbuhkan atau membentuk karakter salah satunya adalah sikap toleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implikasi model problem based learning terhadap sikap toleransi bermadzhab fiqih mahasiswa PAI UII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa-mahasiswi PAI angkatan 2016/2017. Objek penelitian ini adalah peran model problem based learning terhadap sikap toleransi bermadzhab mahasiswa PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan model problem based learning berperan penting terhadap sikap toleransi bermadzhab mahasiswa PAI. Sikap yang diperlihatkan mahasiswa pada mata pelajaran fiqih yang dikaitkan dengan masalah di kehidupan nyata yaitu setelah ditelusuri lebih mendalam hasilnya sama yaitu terdapat adanya sikap toleransi. Jadi dapat disimpulkan bahwa bentuk model problem based learning dapat mempengaruhi sikap toleransi fiqih mahasiswa PAI.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectImplikasien_US
dc.subjectmodel problem based learningen_US
dc.subjectSikap toleransien_US
dc.titleIMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERMADZHAB FIQH MAHASISWA PAI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2016/2017en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record