IMPLIKASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP TOLERANSI BERMADZHAB FIQH MAHASISWA PAI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU AGAMA ISLAM UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA ANGKATAN 2016/2017
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan yang dirasakan peneliti
terhadap banyaknya fenomena yang terjadi dilingkungan sekitar maupun sosial
media contohnya seperti seseorang yang mempunyai latar belakang pendidikan
yang sama tidak menjamin memiliki sikap toleransi. Sebaliknya seseorang yang
tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sama memiliki sikap toleransi
dalam dirinya. Dari kegelisahan terkait sikap toleransi tersebut model problem
based learning dapat menumbuhkan atau membentuk karakter salah satunya
adalah sikap toleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana implikasi model problem based learning terhadap sikap toleransi
bermadzhab fiqih mahasiswa PAI UII.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subjek
penelitian yaitu mahasiswa-mahasiswi PAI angkatan 2016/2017. Objek penelitian
ini adalah peran model problem based learning terhadap sikap toleransi
bermadzhab mahasiswa PAI. Pengumpulan data dilakukan dengan metode
wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan model problem based learning
berperan penting terhadap sikap toleransi bermadzhab mahasiswa PAI. Sikap
yang diperlihatkan mahasiswa pada mata pelajaran fiqih yang dikaitkan dengan
masalah di kehidupan nyata yaitu setelah ditelusuri lebih mendalam hasilnya sama
yaitu terdapat adanya sikap toleransi. Jadi dapat disimpulkan bahwa bentuk model
problem based learning dapat mempengaruhi sikap toleransi fiqih mahasiswa
PAI.
Collections
- Islamic Education [862]