Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. M. Hajar Dewantoro, M.Ag.,
dc.contributor.advisorDrs. H. AF. Djunaidi, M.Ag
dc.contributor.advisorBurhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I.
dc.contributor.advisorDrs. H. Imam Mujiono, M.Ag
dc.contributor.advisorDra Hj. Sri Haningsih, M.Ag
dc.contributor.authorSifaatul Ikhwani, 13 422 087)
dc.date.accessioned2020-01-29T06:38:21Z
dc.date.available2020-01-29T06:38:21Z
dc.date.issued2019-09-24
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17640
dc.description.abstractDalam proses belajar mengajar guru Akidah Akhlak harus memberikan contoh yang sesuai dengan materi yang diajarkannya. Dimana, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam materi tersebut adalah tumbuhnya rasa cinta kepada Allah SWT dengan tidak berbuat riya dan nifaq, seperti: berbicara seperlunya, tidak melakukan sesuatu hal yang bernilai ibadah hanya karena ingin dipuji, banyak bersyukur, berbicara sesuai kenyataan, tepati janji, menjaga dan sampaikan setiap amanat sesuai dengan yang semestinya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, metode dokumentas. Pada metode observasi dan metode wawancara dan tes, data yang dicari yaitu data tentang penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan hambatan-hambatan serta solusi yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa kelas VIII di MTs Unwanul Falah Paok Lombok 2019/2020. Pada metode dokumentasi, data yang dicari adalah data tentang keadaan guru, keadaan siswa dan letak geografis madrasah. Sedangkan metode tes data yang dicari yaitu data tentang hasil dari penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTS Unwanul Falah Paok Lombok.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak lebih menekankan pada nilai religius, disiplin, tanggung jawab dan demokratis. Hambatan yang paling dirasakan oleh guru Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa adalah adanya karakter siswa yang berbeda. Adapun solusi yang bisa mengatasi hambatan tersebut yaitu guru turut memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan fisik dan mental siswa, kemudian membantu pengembangan sifat-sifat positif pada diri siswa seperti rasa percaya diri dan saling menghormati. Hasil dari penerapan pendidikan karakter yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak yaitu bahwa penerapan pendidikan karakter sudah berjalan dengan baik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenerapanen_US
dc.subjectNilaien_US
dc.subjectKarakteren_US
dc.titlePENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS UNWANUL FALAH PAOK LOMBOK KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record