dc.contributor.advisor | Drs. M. Hajar Dewantoro, M.Ag., | |
dc.contributor.advisor | Drs. H. AF. Djunaidi, M.Ag | |
dc.contributor.advisor | Burhan Nudin, S.Pd.I., M.Pd.I. | |
dc.contributor.advisor | Drs. H. Imam Mujiono, M.Ag | |
dc.contributor.advisor | Dra Hj. Sri Haningsih, M.Ag | |
dc.contributor.author | Sifaatul Ikhwani, 13 422 087) | |
dc.date.accessioned | 2020-01-29T06:38:21Z | |
dc.date.available | 2020-01-29T06:38:21Z | |
dc.date.issued | 2019-09-24 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/123456789/17640 | |
dc.description.abstract | Dalam proses belajar mengajar guru Akidah Akhlak harus memberikan
contoh yang sesuai dengan materi yang diajarkannya. Dimana, nilai-nilai karakter
yang terkandung dalam materi tersebut adalah tumbuhnya rasa cinta kepada Allah
SWT dengan tidak berbuat riya dan nifaq, seperti: berbicara seperlunya, tidak
melakukan sesuatu hal yang bernilai ibadah hanya karena ingin dipuji, banyak
bersyukur, berbicara sesuai kenyataan, tepati janji, menjaga dan sampaikan setiap
amanat sesuai dengan yang semestinya.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode
wawancara, metode dokumentas. Pada metode observasi dan metode wawancara dan
tes, data yang dicari yaitu data tentang penerapan pendidikan karakter pada mata
pelajaran Akidah Akhlak dan hambatan-hambatan serta solusi yang dihadapi guru
Akidah Akhlak dalam membina karakter siswa kelas VIII di MTs Unwanul Falah
Paok Lombok 2019/2020. Pada metode dokumentasi, data yang dicari adalah data
tentang keadaan guru, keadaan siswa dan letak geografis madrasah. Sedangkan
metode tes data yang dicari yaitu data tentang hasil dari penerapan pendidikan
karakter pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTS Unwanul Falah Paok
Lombok..
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter yang
dilakukan oleh guru Akidah Akhlak lebih menekankan pada nilai religius, disiplin,
tanggung jawab dan demokratis. Hambatan yang paling dirasakan oleh guru Akidah
Akhlak dalam membina karakter siswa adalah adanya karakter siswa yang berbeda.
Adapun solusi yang bisa mengatasi hambatan tersebut yaitu guru turut
memperhatikan kondisi dan perkembangan kesehatan fisik dan mental siswa,
kemudian membantu pengembangan sifat-sifat positif pada diri siswa seperti rasa
percaya diri dan saling menghormati. Hasil dari penerapan pendidikan karakter yang
dilakukan oleh guru Akidah Akhlak yaitu bahwa penerapan pendidikan karakter
sudah berjalan dengan baik. | en_US |
dc.publisher | Universitas Islam Indonesia | en_US |
dc.subject | Penerapan | en_US |
dc.subject | Nilai | en_US |
dc.subject | Karakter | en_US |
dc.title | PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI KELAS VIII MTS UNWANUL FALAH PAOK LOMBOK KABUPATEN LOMBOK TIMUR TAHUN PELAJARAN 2019/2020 | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |