PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TENTANG IMPLEMENTAS ACTIVE LEARNING DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTs NEGERI YOGYAKARTA 1 (The Perception of Islamic Religious Education Teacher on Active Learning Implementation at MTs Negeri Yogyakarta 1)
Abstract
Persepsi atau Pandangan guru pendidikan agama islam tentang active learning adalah sangat baik, karena active learning sangat membantu bagi pendidik terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana implementasi active learning di MTsN Yogyakarta 1. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yaitu penelitian kualitatif dengan menghadirkan format fakta-fakta faktual dan sifat populasi tentu secara sistematis. Data-data ini menggunakan data observasi, interview, dan dokumentasi. Selanjutnya, data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif analisis yaitu dengan mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian atau memusatkan perhatian pada masalah-masalah aktual dalam suatu obyek pada saat penelitian dilaksanakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa active learning yang diterapkan di MTs Negeri Yogyakarta 1 sangat meningkat sehingga dalam proses pembelajaran active learning bisa membuat siswa tidak jenuh dan tidak monoton dalam pembelajaran.
Collections
- Islamic Education [862]