PENENTUAN KRITERIA PEMILIHAN RETAILER DENGAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP) (Studi Kasus pada Toko Sayur Modern)
Abstract
Retailer merupakan salah satu bagian supply chain yang sangat penting dan berpengaruh terhadap suatu kelangsungan proses binis. Pemilihan retailer merupakan hal yang penting bagi retailer dan supplier demi terbentuknya kinerja proses bisnis yang baik. Pemilihan retailer perlu dilakukan untuk mempermudah retailer dalam meningkatkan kualitasnya dan memudahkan supplier dalam menentukan retailer mana yang harus disuplai. Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) adalah suatu toko modern yang bergerak dibidang distribusi sayuran sebagai produk utamanya dan sembako sebagai produk pelengkapnya, berlokasi di Jalan Tentara Palagan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Toko Sayur Keluarga (TOSAGA) memiliki beberapa supplier yang ikut menyuplai ke beberapa toko modern lainnya. Toko modern pada umumnya memiliki masalah dengan supplier karena dari pihak supplier bisa berhenti menyuplai kapan saja, oleh karena itu perlu adanya kriteria pemilihan retailer untuk mendapatkan kriteria yang paling signifikan mempengaruhi retailer, guna meningkatkan kualitas retailer. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kriteria distributor yang tepat untuk mendapatkan kriteria yang mempengaruhi dengan menggunakan penilaian skala Likert untuk mengetahui kesetujuan supplier terhadap kriteria yang ditentukan dan kemudian diolah dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Kriteria yang digunakan antara lain adalah kriteria Biaya, Pengiriman dan Pelayanan. Berdasarkan AHP pada kriteria biaya peringkat tertinggi adalah harga produk sebesar 0.435. Lokasi geografis pada kriteria pengiriman sebesar 0.117 ,dan Responsif pada kriteria pelayanan sebesar 0.053.
Collections
- Industrial Engineering [2224]