Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Happy Land Medical Centre
Abstract
Skripsi yang mengangkat judul "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Pasien di Happy Land Medical Centre" secara garis besar membahas mengenai pengamh kualitas pelayanan dan fasilitas yang diberikan Happy Land Medical Centre terhadap kepuasan yang dirasakan pasien selama menjalani perawatan dan pengobatan. Dipandang dari sudut pemberi pelayanan, seperti dokter, perawat, bagian administrasi maupun dari kelengkapan fasilitas yang tersedia. Selain itu juga akan diteliti faktor yang paling dominan antara kualitas pelayanan dan fasilitas mempengaruhi kepuasan pasien.
Penelitian ini menggunakan teknik random sampling (sampel acak) yang didasarkan pada anggapan bahwa masing-masing orang mempunyai kemungkinan yang sama Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan survei lapangan langsung dan didukung data skunder.
Definisi operasional variabel dari penelitian ini adalah kepuasan pasien Happy Land Medical Centre (Y) sebagai variabel terikat (dependent variabel), atribut kualitas pelayanan (X₁ ) dan atribut kualitas fasilitas (X₂) sebagai variabel bebas (independent variabel).
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan Analisis Regresi Berganda untuk menguji hipotesis mengenai pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien. Pengujian signifikansi menggunakan uji F dan uji t, dengan taraf signifikansi 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat ukur yang mana dalam penelitian ini menggunakan kuesioner maka rumus Product Moment dan Cronbach Alpha menjadi pilihan. Dan untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar pengujian hipotesis. Untuk menguji hasil penelitian menggunakan alat bantu, yaitu SPSS for Windows Release 7.5.
Collections
- Management [4527]