Analisis Pengaruh Selebriti (Endoser) terhadap Minat Beli Produk Sabun "Lux" Studi Kasus di Kecamatan Depok Sleman Yogyakarta
Abstract
Periklanan pada media hiburan seperti televisi dan majalah saat ini sangat bersaing. Banyak pemasang iklan menggunakan selebriti untuk meningkatkan keefelctifan iklannya. Para pemasang iklan percaya bahwa selebriti lebih mampu dan kredibel untuk menarik perhatian konsumen. Beberapa penelitian juga menekankan peran penting selebriti dalam meningkatkan keinginan konsumen terhadap pembelian produk. Kredibilitas selebriti tersebut akan dapat mengajak konsumen untuk mencoba dan akhimya menggunakan produk yang diiklankan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh selebriti dalam mengiklankan suatu produk. Penelitian ini dititikberatkan pada citra yang dimiliki selebriti untuk mempengaruhi minat beli pada konsumen. Penelitian ini diharapkan akan menjadi studi replikasi pada pengaruh selebriti terhadap minat beli masyarakat.
Sampel iklan yang digunakan yaitu iklan produk sabun Lux. Data primer dalam penelitian ini diambil dari sebuah survei yang mengikutsertakan 105 responden dari Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta. Para responden mengevaluasi kredibilitas selebriti dalam beriklan, keahlian terhadap selebriti, kepercayaan terhadap selebriti, ketertarikan terhadap selebriti, dan kepercayaan terhadap iklan tersebut. Semua data primer dianalisis menggunakan regresi linier berganda, uji F, korelasi determinasi, uji t dan korelasi parsial w1tuk mengetahui pengaruh dari variabel-variabel tersebut terhadap minat beli.
Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa pengaruh selebriti dalam beriklan signifikan dalam mempengaruhi konsumen untuk membeli. variabel keahlian dan ketertarikan pada seorang selebriti tidak perpengaruh secara efektif terhadap minat beli. Namun, faktor kepercayaan terhadap selebriti dan kepercayaan terhadap iklan dapat meningkatkan minat beli secara signifikan. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penggunaan selebriti dalam beriklan akan efektif bila faktor kepercayaan terhadap selebriti dan kepercayaan terhadap iklan secara positif mempengaruhi konsumen dalam membeli produk yang diiklankan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa keefektifan selebriti pada iklan produk khusus seperti sabun Lux dapat ditingkatkan dengan faktor keperca.yaan terhadap selebriti dan kepercayaan terhadap iklan, agar dapat mempengaruhi minat beli pada konsumen.
Collections
- Management [4550]