Show simple item record

dc.contributor.advisorDr.Dra. Juunanah, MIS
dc.contributor.authorSUTARI, 15913223
dc.date.accessioned2020-01-09T01:48:41Z
dc.date.available2020-01-09T01:48:41Z
dc.date.issued2019-09-19
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/17006
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tentang penerapan 9 pilar pendidikan karakter dalam membentuk kemandirian anak usia 5-6 tahun di RA Masyithoh Sekabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pelaksanaan penerapan 9 pilar pendidikan karakter pada anak usia 5-6 Tahun di RA Masyithoh Sekabupaten Sleman. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Alasan pemilihan lokasi penelitian ini karena RA Masyithoh Sekabupaten Sleman Tahun Ajaran 2017/2018, bersama-sama menanamkan karakter melalui 9 pilar pembelajaran yang diajarkan guru di RA serta bersama-sama membentuk kemandirian pada pribadi anak. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi langsung. Dalam menguji data digunakan trianggulasi sumber data penelitian serta dianalisis dengan cara induktif. Analisis data yang digunakan tahap reduksi data, display data dan menarik kesimpulan serta verifikasi data. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1) Pelaksanaan penerapan 9 pilar pendidikan karakter membentuk kemandirian anak terdiri dari aspek perencanaan/persiapan, aspek proses pelaksanaan, dan aspek evaluasi pembelajaran, 2) Faktor penghambat dalam pelaksanaan penerapan 9 pilar pendidikan karakter membentuk kemandirian di RA Masyithoh Sekabupaten Sleman yakni lingkungan sekitar yang kerap menampilkan perilaku yang buruk. Namun pihak sekolah berupaya untuk selalu menanamkan pengertian kepada anak mengenai kondisi lingkungan dan menanamkan nilai-nilai karakter serta menjadi contoh teladan bagi anak dan, 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan karakter anak usia dini di RA Masyithoh Se-Kabupaten Sleman antara lain: adanya RPPH yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter yang dilakukan dengan metode dan media yang bervariasi sesuai dengan tema/sub tema yang akan diajarkan, adanya peraturan, dukungan orang tua dalam menanamkan nilai-nilai karakter, serta kesabaran dan keteladan guru.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectKemandirian Anaken_US
dc.titlePENERAPAN 9 PILAR PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MASYITHOH SEKABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2017/2018en_US
dc.typeMaster Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record