Analisis Sikap Konsumen terhadap Atribut Bimbo Fashion and Shoes Delanggu Klaten
Abstract
Dunia bisnis mengalami perkembangan yang pesat dewasa ini, yang ditandai dengan persaingan bisnis yang semakin besar. Upaya yang dilakukan dengan rnengkombinasikan berbagai fungsi yang ada di perusahaan secara optimal. Untuk dapat bersaing dan mempertahankan usahanya. Pemuasan konsuman merupakan kunci utamanya. Kepuasan konsuman terhadap pembelian suatu produk mendorong perusahaanuntuk mencari dan memilih a1tematif yang dapat rnemuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen, dimana setiap konsumen mernpunyai kriteria kepuasan dan sikap yang berbeda- beda terhadap produk yang ditawarkan.
Sikap adalah perasaan emosional dan kecenderungan tindakan seseorang yang suka atau tidak suka terhadap objek atau ide tertentu. Dengan memperhatikan sikap konswnen maka nantinya akan berguna dalarn mengidentitikasi pernbeli yang mungkin memiliki minat yang paling besar terhadap produk-produk yang ditawarkan pasar.
Hipotesa yang diajukan adalah karalcteristik konsumen memiliki derajat keterkaitan yang erat terhadap atribut yang terdapat pada toko Bimbo Delanggu, dan konsumen berdasarkan karakteristiknya memiliki sikap yang baik terhadap atribut Toko Bimbo Delanggu terutama (produk). Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan karakteristik konsurnen dalam menanggapi atribut Toko Bimbo Delanggu dan untuk rnengidentifikasi sikap konsumen terhadap atribut Toko Bimbo Delanggu. Analisis yang digunakan adalah ChiSquare dan indeks sikap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perhitungan Chi-Square menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan yang signifikan antara ( usia dengan harga, produk dan pelayanan; pekerjaan dengan harga dan produk; penghasilan dengan harga ). Dari perhitungan indeks sikap diperoleh 2,751 dikategorikan kedalam kriteria daerah penerimaan baik. Dari basil bobot pertimbangan atribut diperoleh peringkat pertama adalah produk(32 l ), kedua harga (313 ), ktiga pelayanan (243) dan keempat promosi (123).
Collections
- Management [4545]