Show simple item record

dc.contributor.authorAzizah, Alfiyah Nur
dc.date.accessioned2019-12-20T08:14:33Z
dc.date.available2019-12-20T08:14:33Z
dc.date.issued2019-09-23
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16761
dc.description.abstractPenelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih sering dijumpai adanya permasalahan yang berkaitan dengan strategi pembelajaran. Selama ini dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa sangat pasif, siswa menghiraukan materi yang disampaikan bahkan ada beberapa siswa yang bercanda dengan temannya. Sering kali guru terjebak dengan cara konvensional yaitu berpusat pada guru (teacher centered) yang hanya berorientasi pada pencapaian aspek-aspek kognitif yang mengandalkan metode ceramah dalam pembelajarannya. Sehingga menyebabkan kejenuhan, membosankan, dan siswa tertekan karena harus mendengarkan guru bercerita beberapa jam tanpa memperhatikan siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran, ditambah lagi sarana dan prasarana yang kurang memadai, media pembelajaran yang tidak tepat, dapat lingkungan diluar sekolah siswa yang kurang mendukung sehingga menyebabkan minat dan hasil belajar siswa menjadi rendah. Sedangkan strategi Mind Map berorientasi pada pencapaiam pada aspek kognitif dan afektif pada pembelajarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan strategi pembelajaran mind mapp terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fikih di SMP IT Al-Huda Karawang Jawa Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan di SMP IT Al-Huda Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, karena yang menjadi sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu kelas VIII C sebagai kelas kontrol dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan pada data akhir perhitungan dari uji perbedaan rata-rata menunjukan bahwa skor rata-rata tes kels eksperimen adalah 67,4, sedangkan skor rata-rata post-test kontrol adalah 59. Hasil perhitungan dengan menggunakan ttest menunjukan bahwa thitung = 4.63 dan ttabel = 2,02 dengan jika thitung > ttabel dengan df = . Ini menunjukan bahwa thitung > ttabel (4.63 > 2.02). jadi Ha diterima dan Ho ditolak.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStrategi Pembelajaranen_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.titlePengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Di SMP IT Al-Huda Karawang Jawa Baraten_US
dc.typeUndergraduate Thesisen_US
dc.Identifier.NIM15422101


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record