Implementasi Program Tahfidz Al-Quran Pada Siswa Di MTs N 9 Sleman Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Program Tahfidz Al-
Qur‟an Di MTs N 9 Sleman Yogyakarta. Program tahfidz yang berdiri sejak bulan
september 2018 ini berdiri atas dasar keresahan guru-guru PAI di MTs N 9
Sleman Yogyakarta tersebut di karenakan banyak sekali siswa kelulusan dari MTs
N 9 Sleman Yogyakarta ini melanjutkan pendidikan ke jenjang lanjut tetapi
banyak hal yang menjadi ke khawatiran guru-guru pai karena kebanyakan siswa
yang lulus dari mts tersebut banyak yang buta akan al-Qur‟an dan juga kurangnya
hafal akan ayat-ayant al-qur‟an bahkan tidak sedikit siswa yang memilih lanjut ke
sekolah luar yang notabennya berlatar belakang sekolah islami seperti Madrasah
Aliyah banyak yang tidak lolos tes hafal al-quran dan baca Al-Qur‟an.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (filed Research)
dengan pendekatan mix method kualitatif SWOT dan kuantitatif SWOT dengan
subjek penelitian siswa kelas 8 MTs N 9 Sleman Yogyakarta dan guru Program
Tahfidz Al-Qur‟an.
Hasil penelitian menyataka bahwa Dengan menggunkan skala pengukuran
bobot dan rating yang bisa digunakan dalam melakukan analisis SWOT. Untuk
mengetahui bobot manakah yang lebih besar dari faktor-faktor internal dan
eksternal dari program tahfidz Al-Qur‟an di MTs N 9 Sleman Yogyakarta,
kemudian dimasukkan kedalam strategi agresif. Subjek yang di jadikan yaitu guru
sekaligus pengurus dari program tahfidz, hasil penelitiannya menyimpulkan
bahwa : 1) Strenghts (kekuatan) = 4,46, 2) weaknesses (kelemahan)= 0,57, 3)
Oportunities (peluang) = 2,74, 4) Threats (Ancaman) = 0,39.
Collections
- Islamic Education [861]