Analisa Perpindahan Pelanggan (Studi Kasus Merk Sabun Cuci di Kalangan Mahasiswa FE UH)
Abstract
Dewasa ini perusahaan penghasil produk dan jasa dihadapkan pada sebuah kenyataan bahwa kompetisi untuk mempertahankan pelanggan semakin ketat. Adanya segmen dan pendatang baru memaksa competitor yang sudah ada menentukan strategi bersaing yang dapat mempertahankan konsumen yang loyal. Perusahaan dituntut untuk bisa menganalisa tingkat perolehan dan kehilangan konsumen bagi masing-masing merk produknya, dalam hal ini merk sabun cuci. Disamping itu perusahaan juga harus bisa menilai bagaimana sikap konsumen terhadap atribut produk sabun cuci tersebut. Oleh karena itu penulis melakukan teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan menganalisis data dengan menggunakan metode Rantai Markov, Indek Sikap, dan Chi Square. Dari metode penelitian tersebut diperoleh basil hubungan antar variable tidak terdapat perbedaan sikap atas jenis kelamin dan pengeluaran terhadap atribut produk yang ada. Secara umum, atribut produk tersebut kurang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih dan membeli produk sabun cuci.
Collections
- Management [4703]