POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS SUARA HATI YOGYAKARTA DALAM KEGIATAN SEKOLAHKU LUAR BIASA SKRIPSI
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai bagaimana pola komunikasi yang terbentuk
dari kegiatan belajar mengajar Anak Berkebutuhan Khusus sebagai salah satu
kegiatan yang diadakan oleh Komunitas Suara Hati Yogyakarta. Komunitas Suara
Hati Yogyakarta merupakan sebuah komunitas yang berfokus pada anak-anak dan
difabel. Dimana saat ini tidak banyak yang peduli terhadap anak berkebutuhan khusus
baik untuk kehidupan sosial maupun pendidikannya. Tujuan dari dilakukannya
penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai pola komunikasi yang
terjadi pada komunitas Suara Hati Yogyakarta dalam kegiatan Sekolahku Luar Biasa.
Penelitian ini menggunakan metode etnografi komunikasi. Paradigma
penelitian yang digunakan adalah paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi data. Subjek
dari penelitian ini adalah pihak pengelola beserta volunteer Komunitas Suara Hati
Yogyakarta dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) yang menjadi target dalam
kegiatan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pola komunikasi yang terbentuk dari
nkomunikasinya tidak ada respon dari anak, dua arah yang dilakukan dengan
pendekatan personal kepada anak dan multi arah yang dilakukan dengan komunikasi
verbal serta non verbal. Dari beberapa pola yang telah berhasil ditemukan dalam
kegiatan ini dapat dikatakan bahwa pola komunikasi yang sesuai untuk diterapkan
ketika berkomunikasi dengan Anak Bekebutuhan Khusus (ABK) adalah pola
komunikasi multiarah yang didukung dengan komunikasi non-verbal.
Collections
- Communication [942]