Show simple item record

dc.contributor.authorPrima Arianto Pembangun, 14913171
dc.date.accessioned2019-09-30T03:30:08Z
dc.date.available2019-09-30T03:30:08Z
dc.date.issued2019-07-15
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/15761
dc.description.abstractSiswa SMPIT Al-Qur’an dan Dakwah Alam (ADA) berasal dari berbagai macam propinsi yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia. Munculnya konflik-konflik diantara siswa adalah hal yang tidak bisa dihindari. Budaya dan kebiasaan yang dilakukan siswa bervariasi dan terkadang ada kebiasaan yang negatif yang muncul. untuk mengendalikan keadaan tersebut maka dibuatlah sistem pengaturan dan pengendalian dengan cara revitalisasi proses pembelajaran. Karakter siswa dibentuk dengan beberapa strategi tertentu sehingga karakter tersebut muncul dan membentuk nilai moral yang baik. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di SMPIT ADA mengambil nilai-nilai pendidikan multikultural. Pendidikan Multikultural adalah strategi pendidikan yang diaplikasikan pada semua jenis mata pelajaran dengan cara menggunakan perbedaan-perbedaan kultural yang ada pada para siswa. Fokus dan pertanyaan Penelitian yaitu: Bagaimana revitalisasi proses pembelajaran di SMPIT ADA? dan Bagaimana hasil revitalisasi proses pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa di SMPIT ADA?. Penelitian yang dilakukan oleh peneliti berbeda dengan peneliti yang terdahulu terutama didalam fokus pembahasan penelitian. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Tempat penelitian di SMP IT Al Qur’an dan Dakwah Alam Secang, Kab. Magelang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi. Teknik pengambilan sampel sumber data menggunakan Purposive sampling dan Snowball sampling. Adapun beberapa Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Observasi, Interview dan Dokumentasi. langkahlangkah dalam penelitian yaitu: pengumpulan data, reduksi data. penyajian data, dan kesimpulan, pengujian validasi dilakukan dengan metode trianggulasi. Revitalisasi yang ditemukan didalam penelitian ini yaitu : Revitalisasi metode pembelajaran, Revitalisasi Praktek Program kegiatan siswa, Revitalisasi Program Unggulan, dan Revitalisasi pengelolaan konflik. Hasil revitalisasi proses pembelajaran dalam pembentukan karakter siswa di SMPIT ADA yang paling menonjol adalah Religiusitas sub nilai yang terbentuk adalah nilai spiritual, toleransi, cinta damai dan silaturrahim. Sedang nilai karakter lainnya sudah muncul tetapi tidak sedominan nilai religiusitas.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectRevitalisasi Proses Pembelajaranen_US
dc.subjectPembentukan Karakter Siswaen_US
dc.titleRevitalisasi Proses Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP It Al Qur’an dan Dakwah Alam (ADA) Secang Kabupaten Magelangen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record